get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT RI Ke-77, KAI Hadirkan Kuliner Angkringan di Halaman Stasiun Purwokerto

Angkringan yang Kini Menjamur, Sejarah Awalnya Pikulan Keliling dari Daerah di Jawa Tengah

Minggu, 17 April 2022 | 11:25 WIB
header img
Suguhan makanan di angkringan

Singkat cerita, Eyang Karso bertemu dengan sosok Mbah Wiryo hingga akhirnya keduanya merintis usaha makanan yang menjadi cikal bakal angkringan saat ini.  

Awalnya, keduanya menjual terikan, yang merupakan makanan khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari bahan dasar aneka protein dan dimasak dengan kuah kental. 

Mereka menjual makanan ini di malam hari karena pada masa itu belum banyak yang berjualan makanan saat malam hari. Selama berjualan, Eyang Karso dan
Mbah Wiryo perlahan menambah menu makanan dan minuman yang disajikan. Keduanya lantas mendapat ide menjajakan minuman seperti wedang jahe, teh manis panas, kopi panas, hingga aneka minuman kesehatan tradisional lain yang bisa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh di malam hari. 

Setelah itu, mereka pun mendapatkan ide untuk menambah menu jajanan atau camilan, seperti pisang rebus, ubi goreng, dan lain sebagainya yang disebut ‘Hidangan Istimewa Kampung’. Itulah alasan mengapa angkringan juga akrab dengan penyebutan HIK. Tetapi juga ada yang menyebut Hidang Istimewa Klaten, karena menyebut asal usul daerahnya.

Dipikul sebelum berubah jadi gerobak dorong Sebelum terkenal dengan gerobak dorong seperti saat ini, ternyata angkringan dulu dijual dengan gerobak pikul. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut