get app
inews
Aa Read Next : Sambut HUT RI Ke-77, KAI Hadirkan Kuliner Angkringan di Halaman Stasiun Purwokerto

Angkringan yang Kini Menjamur, Sejarah Awalnya Pikulan Keliling dari Daerah di Jawa Tengah

Minggu, 17 April 2022 | 11:25 WIB
header img
Suguhan makanan di angkringan

Nama Angkringan berasal dari Bahasa Jawa ‘Angkring’ yang berarti alat dan tempat jualan makanan keliling. Dahulu Eyang Karso dan Mbah Wiryo menjajakan makanan mereka dengan angkring. 

Usaha Eyang Karso dan Mbah Wiryo yang tampak membuahkan hasil pun membuat banyak orang lainnya yang menjadi pedagang angkringan. Dan seiring berjalannya waktu, angkringan tak lagi dipikul namun dijual dengan gerobak dorong. 

Perubahan itu terjadi pada tahun 1970-an. Konon terdapat seorang pedagang yang mengalami kecelakaan, dia ketumpahan air panas dari gerobak pikulnya usai tersandung di jalanan.  

Gerobak dorong pun kemudian dipilih menjadi alternatif terkait keselamatan pedagang, selain ternyata benda itu bisa membuat lebih banyak makanan dan nantinya orang-orang bisa dengan lebih leluasa untuk bersantap. 

Fenomena menjamurnya angkringan Kini, angkringan jadi tempat makan fenomenal. Adapun alasan mengapa angkringan lebih identik dan populer di Yogyakarta, hal itu karena banyaknya wisatawan serta perantau yang menimba ilmu di sana, sehingga otomatis lebih menguntungkan bagi siapa pun yang berdagang, termasuk penjual angkringan.  

Terlebih konsep angkringan yang menawarkan menu makanan lengkap dengan harga yang sangat terjangkau plus suasana tempat yang cocok untuk bercengkrama, menjadikan banyak orang di Yogyakarta memilih angkringan sebagai tempat menghabiskan waktu di malam hari.  

Konsep itulah yang masih bertahan hingga kini, dan bahkan seiring perubahan zaman, angkringan pun bisa menyesuaikan dimana tempat makan tradisional ini dapat disulap dan dipadukan dengan sentuhan modernitas. 

Kini, angkringan tidak hanya dengan gaya tradisional semata, melainkan sudah bertransformasi seperti kafe. Tidak mengherankan jika konsep angkringan dengan gaya modern bisa ditemukan di kota-kota besar. 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut