get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Berpusat di Darat, Gempa Bumi Guncang Wilayah Kendal

Selasa, 25 Mei 2021 | 11:25 WIB
header img
Lokasi gempa bumi Kendal. (Foto: tangkapan layar)

KENDAL, iNews.id- Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 skala richter mengguncang wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (25/5/2021) pada pukul 09.10 WIB. Episenter gempa tektonik berlokasi di darat berjarak 17 kilometer barat daya Weleri, Kendal pada kedalama 5 Kilometer.

Dalam rilis resminya Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie menerangkan, melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas di sesar Weleri. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar ( Oblique Fault).

Menurut Setyoajie, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Plantungan,Sukorejo III MMI. di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang III MMI.  Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. 

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujar Setyoajie. 

Setyoajie menegaskan, informasi resmi terkait gempa bumi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user: pemda, pwd: pemda-bmkg) atau infobmkg
 

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut