get app
inews
Aa Read Next : 7 Pantai Kebumen yang Vibes-nya Seperti Nusa Penida Bali, Cocok untuk Libur Lebaran

Arus Balik Lebaran 2022, Ini Jalur Alternatif saat Terjebak Kemacetan di Banyumas

Kamis, 05 Mei 2022 | 14:12 WIB
header img
Volume kendaraan dipastikan meningkat saat arus balik lebaran 2022 nanti. Ini sejumlah titik jalur alternatif telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Banyumas. (Foto: Aryo Rizqi)

PURWOKERTO, iNews.id - Volume kendaraan dipastikan meningkat saat arus balik lebaran 2022 nanti. Sejumlah titik jalur alternatif telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Banyumas sebelum masa mudik berlangsung.

Bahkan, pihak Kepolisian Polresta Banyumas juga telah menggelar 12 pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu di sejumlah titik yang berpotensi menjadi simpul kemacetan di jalur utama.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie beberapa waktu lalu mengatakan, setidaknya ada lima jalur alternatif yang dapat digunakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalan utama. 

Jalur tersebut diantaranya yakni : 

1. Jalur Jatilawang - Ajibarang Lesmana, jalur ini dapat dilalui kendaraan roda empat dan roda dua yang terjebak kemacetan di jalur utama Yogyakarta menuju Jakarta dan Bandung yang melintasi jalur Jatilawang - Wangon.

Rutenya melalui Jatilawang- Purwojati- Jingkang- Lesmana- Ajibarang dan keluar di jalan utama Purwokerto - Ajibarang.

2. Jalur Ajibarang - Lumbir, jalur ini merupakan jalan utama menuju Jakarta melalui ruas Brebes. Jika terjadi kemacetan di ruas Ajibarang, pemudik yang akan kembali ke Jakarta dapat mengambil alternatif melalui jalur Ajibarang-Lumbir menuju Jakarta melalui Bandung.

Namun pemudik diminta berhati-hati saat melewati jalur tersebut. Pasalnya kontur jalan berkelok-kelok melintasi perbukitan dengan kondisi jalan halus.

Rutenya melewati Karangbawang (Ajibarang)- Darmakradenan- Panikaban- Dermaji- Kedunggede - Lumbir dan keluar di jalan utama Wangon - Bandung.

"Jalur ini sebagai alternatif jalur utama Ajibarang-Lumbir yang lewat Wangon" kata Agus Nur Hadie beberapa waktu lalu.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut