get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Warga Kesurupan Saat Ikuti Tradisi Ruwat Bumi

Gara-gara Penyakit Mulut dan Kuku, Pasar Hewan Seluruh Banjarnegara Tutup

Senin, 16 Mei 2022 | 16:15 WIB
header img
Polres Banjarnegara lakukan pemantauan kandang sapi. (Dok: Polres Banjarnegara)

BANJARNEGARA, iNews.id – Akibat merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), Polres Banjarnegara menutup sementara operasional semua pasar hewan di kabupaten setempat.

Penutupan dilakukan untuk guna mencegah meluasnya PMK pada hewan ternak setelah ada sapi yang terpapar virus tersebut. 

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto menegaskan pasar hewan di Banjarnegara mulai ditutup pada Senin (16/5/2022). Waktu penutupan belum dapat ditentukan kapan. 

"Mulai Senin (16/5/2022) pasar-pasar hewan akan kita tutup. Kami akan tempatkan personel di Pasar hewan yang ditutup untuk memantau situasi. Personel juga melakukan patroli bersama instansi terkait," kata Kapolres dalam keterangan tertulisnya.

Selain menutup pasar hewan, pihaknya akan melakukan penyekatan lalu lintas perdagangan hewan di daerah perbatasan Banjarnegara dengan Kabupaten Wonosobo, Purbalingga, Banyumas maupun Kebumen. Apabila ada lalu lintas perdagangan hewan baik sapi maupun kambing akan dihentikan.  B

"Jika ada pergerakan hewan ternak baik sapi maupun kambing akan kita hentikan. Sebab diwilayah kita ada hewan yang terkena PMK,”katanya. 

Kapolres mengatakan, dalam melakukan pencegahan pihaknya terus berkoordinasi dengan Forkopimda Banjarnegara agar penanganan penyakit PMK ini tepat.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut