get app
inews
Aa Read Next : Nelayan Hilang Usai Kapal Dihantam Ombak di Perairan Nusakambangan Ditemukan Meninggal Dunia

31 Napi Teroris dari Jawa Barat Dipindah ke Nusakambangan, Ditempatkan di Lapas 'High Risk'

Minggu, 26 September 2021 | 09:51 WIB
header img
31 orang narapidana teroris yang berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikeas dan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap.(Foto: Ilustrasi/Antara)

JAKARTA, iNews.id - 31 orang narapidana kasus terorisme (napiter) yang berasal dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikeas dan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat dipindahkan ke Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka akan ditempatkan di lapas dengan pengamanan super ketat.

Sebagaimana dilihat dari kanal Youtube Humas BNPT pada Minggu (26/9/2021), napiter tersebut dipindahkan ke Lapas Nusakambangan dan akan ditempatkan di lapas high risk dengan ketentuan 'one man one sel'.

"Agar lebih mudah dalam pengawasan dan memudahkan deradikalisasi napiter. Pengamanan ini berbeda dari napi yang lain karena atensi negara agar mereka terjaga dengan baik dan aman," ucap narator dalam tayangan video di kanal Youtube Humas BNPT.

Pada saat pemindahan napiter ke Nusakambangan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berfungsi sebagai koordinator dari instansi yang ada seperti Polri dalam hal ini Densus 88 Antiteror dan Kejaksaan. Napiter yang dipindahkan telah divonis bersalah dan mendapatkan kekuatan hukum tetap dari pengadilan.

"Pemindahan napiter ini beda dengan pemindahan napi biasa karena dilakukan pengamanan ekstra super ketat pada saat pemindahan. Ke-31 napiter telah melalui identifikasi dan penilaian dan masuk dalam kategori high risk sehingga semuanya dipindah ke Nusakambangan," tuturnya.

 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut