get app
inews
Aa Read Next : Para Wanita Langgongsari Sukses Budi Daya Madu Klanceng, Begini Kisahnya

Sekolah di Tepi Hutan Cilongok: Peluncuran dan Workshop 6 Film Tentang Potret MTs Pakis

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:21 WIB
header img
Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed menggelar acara Peluncuran 6 Film Dokumenter tentang Potret MTs Pakis, Cilongok, Banyumas, pada hari Sabtu (21/05/2022)

PURWOKERTO, iNews.id - Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed menggelar acara Peluncuran 6 Film Dokumenter tentang Potret MTs Pakis, Cilongok, Banyumas, pada Sabtu (21/05/2022). 

Bertempat di Auditorium Lantai 3 Gedung FISIP Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, acara ini merupakan rangkaian dari Skema Riset Institusi Unsoed yang dilaksanakan sejak tahun 2020 dengan judul "Model Pemberdayaan Masyarakat Tepian Hutan (Studi Terhadap Komunitas MTs Pakis Di Desa Gunung Lurah, Cilongok, Kab.Banyumas)". 

Acara tersebut dihadiri oleh para dosen Jurusan Sosiologi FISIP Unsoed, pengurus dan relawan serta sejumlah murid dari MTs Pakis.

Hasil riset yang telah dilakukan oleh Jurusan Sosiologi Unsoed tersebut kemudian dirangkum dalam bentuk 6 film dokumenter yang menggambarkan tentang MTs Pakis melalui beberapa perspektif sosiologis. 

Saat ini, Keenam film tersebut telah didaftarkan menjadi Hak Kekayaan Intelektual berbentuk film dokumenter dan juga tercatat melalui Surat Pencatatan Ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 

Keenam film ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada para anak-anak di MTs Pakis dan seluruh anak di Indonesia untuk terus menuntut ilmu dan belajar dalam kondisi  apapun.

Keenam film tersebut, di antaranya berjudul, “Pesona Telaga Kumpe (Pariwisata Berbasis Masyarakat Tepian Hutan di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok)”, “Bersama Membangun Negeri (Peran Stakeholder dalam Pemberdayaan Masyarakat Tepian Hutan di Bidang Pendidikan)”, dan “Harapan yang Tak Pernah Pudar (MTs Pakis Cilongok, Banyumas Satu Sekolah Harapan Bersama).”

Selain itu adalah,“Anak Miskin Boleh Sekolah (Pengalaman Bersekolah Siswa MTs Pakis Cilongok, Banyumas)”, “Sekolah di Hutan (Praktik Pendidikan Alternatif di MTs Pakis Cilongok, Banyumas)”, serta “Berdamai dengan Sinyal (Perjuangan Sekolah Online pada Siswa Tepian Hutan di MTs Pakis Cilongok, Banyumas)”.

PAKIS sendiri merupakan singkatan dari Piety (Kesalehan), Achievement (Prestasi), Knowledge (Ilmu Pengetahuan), Integrity (Integritas), dan Sincerity (Ikhlas). Semua itu merupakan nilai-nilai yan dihidupi mereka bersama. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut