get app
inews
Aa Read Next : TNI AD Bangun Fasilitas Air Bersih di Rawalo, Warga Bahagia

Kisah SBY Diragukan Kemampuannya di Medan Perang, Karena Memiliki Kulit Bersih

Kamis, 26 Mei 2022 | 15:28 WIB
header img
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah diremehkan saat masih berpangkat mayor, diragukan untuk dikirim ke medan perang.(Foto:Instagram SBY)

Untuk mengetahui kemampuan kepemimpinan SBY, Wismoyo kemudian menunda keberangkatan SBY dan pasukannya ke Timor Timur. SBY kemudian diminta untuk melatih para Bintara di Kodam Udayana. 

Tentu saja hal tersebut membuat SBY terkejut, karena tugas itu diberikan sangat mendadak. Apalagi menantu dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo ini sudah diperintahkan harus segera ke Dili, Timor Timur.

Tanpa bisa menolak, SBY kemudian memenuhi tugas dadakan tersebut dengan baik. Dua minggu kemudian, akhirnya kabar menggembirakan itu datang. SBY diperintahkan segera terbang ke Dili untuk memperkuat dan membantu TNI dalam operasi di Timor Timur. Wismoyo melihat SBY pantas memimpin batalyon di medan tempur menumpas kelompok bersenjata Fretilin.

SBY mengakui selama meniti kariernya di militer, dirinya tiga kali bertugas di Timor Timur pertama pada 1976-1977, kedua 1979-1980, dan ketiga 1986-1988. 

"Saya pernah bertempur di Timor Timur. Tugas negara itu saya emban ketika saya masih berpangkat Letnan, Kapten, dan Mayor dengan jabatan Komandan Peleton, Komandan Kompi, dan Komandan Batalyon,” tulis SBY di akun Instagram @sbyudhoyonoachvs.

Dalam tulisannya tersebut, SBY juga menceritakan momen yang tidak dapat dilupakan saat bertugas di Timor-Timur. 

“Saat itu Subuh di tahun 1976, Batalyon Infanteri Lintas Udara 305 sedang melaksanakan pertempuran di bagian barat Timor Timur. Kompi A dipimpin Kapten Agus Widjojo berada di depan, waktu itu peleton saya beserta peleton Lettu Endiarto Sutarto mendapat utgas bergerak paling depan. Disusul peleton Lettu Zainuddin sekitar pukul 05.30 terjadi kontak tembak antara Kompi A dengan satuan lawan. Kontak tembak itu hanya berlangsung sekitar setengah jam,” tulis SBY.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut