get app
inews
Aa Read Next : Soal Kenaikan PPN 12 Persen, Ahli Pajak UMP: Perhitungkan Kondisi Riil Masyarakat

Melihat Kerajaan Majapahit Berjaya dari Hasil Pajak Era Hayam Wuruk, Ini Wilayah Kekuasaannya

Sabtu, 28 Mei 2022 | 20:04 WIB
header img
Kerajaan Majapahit dapat hidup dan berjaya kala itu salah satunya penerapan setoran pajak sejumlah wilayah kekuasaannya. (Foto Ilustrasi /Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Kerajaan Majapahit dapat hidup dan berjaya kala itu salah satunya penerapan setoran pajak sejumlah wilayah kekuasaannya. Upeti dari pajak itu diterapkan kerajaan Majapahit di wilayah kekuasaan yang dipimpin oleh Hayam Wuruk.

Kala itu, sang Raja Majapahit Hayam Wuruk memang telah menata sedemikian rupa pemerintahannya. Struktur pemerintahan pun dibentuk sedemikian rupa, dengan susunan birokrasi yang dibuat dengan teratur.

Bahkan, Raja dianggap sebagai penjelmaan dewa dan memegang otoritas politik tertinggi. Sebagai kepala pemerintahan raja Majapahit bergelar Bhatara Prabhu (Bhre Prabhu) atau Sri Maharaja. 

Seperti dikisahkan dari buku "Hitam Putih Mahapatih Gajah Gajah Mada" dari Sri Wintala Achmad, pejabat pemerintahan di bawah raja yaitu Mahapatih Amangkubumi, yang bertugas untuk memberi perintah atau arahan tentang jalannya pemerintahan di negara bawahan atau daerah.

Kakawin Negarakertagama mengisahkan bahwa para patih negara bawahan dan para pembesar pejabat lainnya berkumpul di Kepatihan Majapahit yang dipimpin oleh Mahapatih Amangkubumi Gajah Mada.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut