Sejarah Pendidikan di Indonesia, Berawal saat Zaman Penjajahan Portugis di Abad ke-16

Ajeng Wirachmi, Tim Litbang MPI
Suasana sekolah di zaman penjajahan. (Foto: Istimewa/KITLV)

Tokoh pendidikan lain yang juga terkenal adalah RA Kartini. Baginya, pendidikan adalah alat yang ampuh untuk memajukan pendidikan sebuah bangsa. Ia menyuarakan kesetaraan gender.

Menurutnya perempuan harus mendapatkan pendidikan yang layak, sama seperti kaum pria. RA Kartini pun mendirikan sekolah yang diikuti oleh kaum perempuan pribumi.

Tokoh-tokoh yang berjasa telah memajukan pendidikan Islam di Indonesia juga tak terhitung jumlahnya. Satu di antaranya adalah KH Ahmad Dahlan. 

Melansir jurnal bertajuk ‘Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Islam K.H Ahmad Dahlan’, dikatakan bahwa KH Ahmad Dahlan prihatin ketika menyaksikan kaum pribumi amat terpuruk di tengah gempuran kondisi global. Politik yang dibawa Belanda juga sangat berpotensi menghancurkan anak bangsa. Maka dari itu, pendidikan merata wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat tanpa pandang bulu. 

Di tangan sosok pembaharu ini, teramu pendidikan terbaru yang bersinggungan dengan agama. Ia mendirikan banyak pesantren demi mencetak individu-individu saleh dengan pemahaman agama mumpuni. KH Ahmad Dahlan yakin, individu dengan pengetahuan agama tinggi juga mampu berjuang untuk bangsa dan negara.

Pendidikan di Indonesia telah melewati perjalanan yang sangat kompleks dari masa penjajahan hingga kini. Untuk dapat bersaing dengan negara lain, dunia pendidikan di Tanah Air terus berbenah guna meningkatkan kualitas melalui penerapan kurikulum. Sedangkan dari sisi kuantitas, menurut data BPS, jumlah sekolah (mulai dari SD hingga SMA negeri dan swasta) mencapai 217.283 unit di tahun ajaran 2020/2021.

 

Editor : Arbi Anugrah

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network