Dukungan Kebijakan Pemkab Banyumas Diperlukan untuk Lestarikan Batik Sokaraja

Elde Joyosemito
Guna melestarikan dan mendorong berkembangnya batik Sokaraja, maka dibutuhkan dukungan kebijakan dari Pemkab Banyumas. (Foto: Dok)

“Pada tingkat SMA atau SMK sudah mulai membuat desain motif batik secara manual dan digital, teknik membatik sampai pewarnaan kimia dan pewarna alami,”saran Adhi Iman. 

Adhi Iman juga menyarankan, jangan lupa membuat kemitraan antara pihak sekolah dengan para perajin batik sebagai ahli atau praktisi untuk dijadikan instruktur batik di sekolah dengan honorarium yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. 

“Kemudian rumah produksi pembatik dijadikan tempat praktikum dan magang untuk membatik para siswa,” ujarnya.  

Untuk melestarikan batik, Adhi Iman mendukung  adanya event pameran dan fashion show batik di sekolah-sekolah dan hari besar daerah atau nasional. 

“Termasuk pihak perguruan tinggi melaksanakan riset dan pemberdayaan generasi muda, dan ikut membantu promosi pemasaran produk batik sebagai bentuk partisipasi dalam mendukung pelestarian dan pengembangan batik, “ ujar Adhi Iman. 

Melalui semua kegiatan itu, Adhi Iman berharap, batik bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata tetapi tanggungjawab semua warga masyarakat untuk ikut melestarikannya.

 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network