Daftar Pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2023, SMPN 1 Cilacap Raih Medali Emas

Arbi Anugrah
Daftar Pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2023. Foto: Dok Kemendikbudristek

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Tahun 2023 telah selesai dilaksanakan. Termasuk para pemenang OPSI 2023 jenjang SMP/MTs dan SMA/MA dalam bidang penelitian ilmiah.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), menjadi arena aktualisasi bakat dan minat para siswa jenjang SMP/MTs dan SMA/MA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kontribusi siswa serta partisipasi masyarakat dalam pengembangan riset ilmu dan teknologi yang berkelanjutan di Indonesia.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Maria Veronica Irene Herdjiono mengatakan, OPSI merupakan sarana untuk menyeleksi para peserta terbaik yang akan dibina oleh Puspresnas untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi penelitian ilmiah tingkat internasional. 

“OPSI sekaligus sebagai sarana untuk mengidentifikasi dan menemukenali potensi talenta unggul di bidang riset dan inovasi sejak dini dan menjadi bagian penting dari proses manajemen talenta nasional,” ujar Irene dalam keterangannya, Minggu (12/11/2023).

OPSI 2023 ini sendiri diselenggarakan sejak tanggal 6–11 November 2023, di Universitas Tarumanegara dan di Hotel Peninsula, Jakarta. 

“Selama sepekan peserta telah memamerkan hasil karya penelitian, dan mempresentasikan penelitiannya di depan dewan juri, selain itu peserta juga mendapatkan pengetahuan penelitian dari Seminar OPSI,” tambah Irene. 

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin mengatakan OPSI dapat menjadi pemantik bagi generasi muda untuk terus berprestasi dan berinovasi, serta dapat menginspirasi anak muda lainnya untuk terus meningkatkan kreativitas mereka dalam berinovasi teknologi. 

Menurut dia, sejak dimulainya kompetisi ini di tahun 2012, Kemendikbudristek menyadari pentingnya wadah bagi peningkatan kualitas lulusan maupun pembinaan kesiswaan yang ada di satuan pendidikan dasar dan menengah. Pelaksanaan OPSI diharapkan dapat menjadi sarana berkarya siswa untuk menumbuhkembangkan potensi dan kreativitas, mendorong kolaborasi dalam dan antar sekolah dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Editor : Arbi Anugrah

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network