BPJS Ketenagakerjaan Bersama Pemkab Banyumas Terus Tingkatkan Kepesertaan Jamsostek Pekerja Rentan

Elde Joyosemito
BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto memberikan santunan kematian kepada ahli waris. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Pemkab Banyumas bersama BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto terus mendorong kepesertaan terutama untuk para pekerja rentan. Selain itu, juga mengupayakan semua perangkat desa, RW dan RT ikut program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas Arif Triyanto menjelaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan secara khusus telah menyediakan perlindungan bagi perangkat pemerintahan, kepala desa, dan perangkat lainnya sejak awal.

"Menurut arahan Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, ada dua kelompok pekerja yang juga perlu mendapatkan perhatian, yaitu penyelenggara pemerintahan dan pekerja rentan,"jelas Arif usai acara menyerahkan santunan kematian kepada ahli waris pengurus RT/RW, Linmas dan BPD pada Rabu (24/4/2024).

Mereka yang mendapat santunan adalah ahli waris dari Rustanto anggota Linmas Desa Karangsalam Lor, kemudian Rahmat Suwendi BPD Desa Sokawera dan Agus Sularko pengurus RT/RW Desa Karangsalam. Masing-masing mendapatkan santuan kematian yang merupakan klaim jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dijelaskan oleh Arif, penyelenggara pemerintahan termasuk anggota BPD, RT, RW, LKD dan Linmas merupakan kelompok yang mendapatkan perhatian khusus. Mereka akan dibiayai melalui dana APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) di luar Dana Desa.

Sementara itu, untuk pekerja rentan, Pemkab Banyumas sedang menyusun peraturan bupati yang akan mengklasifikasikan siapa saja yang termasuk dalam kategori tersebut, agar mereka dapat dijamin oleh program Jamsostek.

Editor : Elde Joyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network