Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dalam Meningkatkan Sistem Imun di Masa Pandemi COVID-19

Tim iNews
Dr. dr. Setiawati, M.Sc, Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto

Minyak atsiri cengkeh dapat dianggap sebagai kandidat paling ampuh untuk memerangi virus corona dan melindungi dari kematian mendadak yang terlihat pada beberapa pasien yang terinfeksi Coronavirus, akibat emboli yang terkait dengan pembentukan hiperkoagulasi. 

Sereh (Cymbopogon nardus L) berasal dari Asia Tenggara terutama Sri Lanka akan tetapi dapat tumbuh subur di daerah tropis yang lembab, cukup sinar matahari dan memiliki curah hujan yang tinggi. Sereh telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati radang tenggorokan, radang usus, radang lambung, diare, penurun panas, anti infeksi dan bahkan dapat mengurangi stress. 

Sereh mengandung banyak senyawa aktif diantaranya sitronelol dan geraniol yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan yang kuat. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, kunyit, jahe, cengkeh dan serai dapat digunakan secara tunggal ataupun dipadukan dengan bahan herbal lainnya.
Beberapa tanaman obat tersebut mudah dijumpai di pasar maupun mudah ditanam di pekarangan rumah. Pemanfaatan TOGA ini menjadi salah satu alternatif penguatan ketahanan keluarga terutama di bidang kesehatan. 

Peningkatan sistem imun tubuh di masa pandemi COVID-19 merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi oleh virus corona maupun kuman lainnya. Dengan sistem imun yang bagus, tubuh akan mampu membentuk sistem pertahanan tubuh dan melawan berbagai kuman yang masuk.

Penulis Dr. dr. Setiawati, M.Sc, Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network