Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dalam Meningkatkan Sistem Imun di Masa Pandemi COVID-19

Tim iNews
Dr. dr. Setiawati, M.Sc, Fakultas Kedokteran Unsoed Purwokerto

Satu-satunya jalan keluar untuk mencegah terinfeksi virus corona ini adalah dengan dilakukannya vaksinasi secara global dan memperkuat sistem imunitas (kekebalan) alami tubuh.

Salah satu cara untuk memperkuat sistem imunitas tubuh adalah dengan mengkonsumsi tanaman obat yang sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Tanaman obat tersebut lebih dikenal dengan tanaman obat keluarga (TOGA) diantaranya kunyit, temulawak, sambiloto, jahe, serai yang telah terbukti bahwa bahan-bahan tersebut mengandung manfaat sebagai aniinflamasi, antioksidan dan imunomodulasi. 

Tanaman obat tersebut berfungsi dengan meningkatkan produksi protein yang disebut interferon dan antibodi untuk memicu respons imun terhadap virus sehingga bisa menghentikan infeksi virus. Masyarakat Indonesia telah berabad-abad menggunakan tanaman obat tersebut untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit dan bisa dibuat dalam berbagai bentuk sediaan.

Kunyit (Curcuma longa) telah digunakan secara tradisional di negara-negara Asia sebagai obat atau suplemen karena berfungsi sebagai antioksidan, antiinflamasi, antikanker dan digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit seperti diabetes mellitus, penyakit kardiovaskuler, obesitas, radang usus, dan asma. Kunyit mengandung senyawa kurkuminoid yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. 

Kunyit jawa atau Curcuma xanthorrhiza Roxb (C. xanthorrhiza) merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan di negara-negara Asia Tenggara. Tanaman ini termasuk dalam genus Zingiberaceae dan Curcuma. 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network