Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Dituding Ilegal, Jawaban Manajer Timnas Santai

Andhika Khoirul Huda
Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dituduh ilegal, namun Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, menanggapi dengan santai tuduhan tersebut. (Foto: PSSI)

"Tujuan perekrutan dua pemain ini sangat jelas, yakni untuk memenangkan pertandingan melawan China pada 15 Oktober 2024 dengan skor 3-0 atau lebih," demikian ditulis dalam artikel tersebut.

Penulis juga menambahkan bahwa jika kedua pemain ini tampil, China berpotensi mengajukan banding, yang menurutnya dapat berujung pada sanksi dari AFC bagi Timnas Indonesia, termasuk kemungkinan kekalahan otomatis dengan skor 0-3.

Menanggapi tuduhan ini, Sumardji memilih sikap tenang dan mengatakan bahwa proses naturalisasi telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ia juga menegaskan bahwa Hilgers dan Reijnders memang memiliki darah keturunan Indonesia, sehingga tidak ada yang perlu diragukan.

"Hal seperti ini biasa saja. Saya mengibaratkan ini sebagai pertarungan gengsi antarnegara. Jika ada hal yang mengancam, biasanya akan ada psywar untuk memberikan tekanan mental kepada pemain," kata Sumardji di Hotel Mandarin, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

"Kita tanggapi dengan senyuman saja, tidak perlu terlalu serius. Kita tahu semua sudah sesuai aturan. Eliano dan Mees benar-benar memiliki darah keturunan Indonesia, jadi tidak perlu dipertanyakan. Mereka hanya mencari-cari celah sebagai bagian dari taktik dan strategi dalam menghadapi pertandingan," tegasnya.


 

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network