get app
inews
Aa Read Next : 2 Oknum Anggota TNI AD Bawa Sabu 75 Kilogram dan Sabu 40.000 Butir Dicokok Mabes Polri

Kisah Jenderal Dudung Pimpin Timsus Kejar GPK di Timor Timur 

Selasa, 21 Juni 2022 | 06:58 WIB
header img
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman

JAKARTA, iNews.id - Sewaktu terjadi operasi di Timor Timur, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman baru saja lulus Akademi Militer (Akmil) Magelang (dulu AKABRI) tahun 1988. Dia berpanglat Letnan Dua (Letda).

Sebagai anggota TNI AD, dia harus siap ditempatkan di mana saja. Nah, penugasan yang harus diemban Jenderal Dudung tidak main-main. Langsung berangkat ke Timor Timur.

Waktu itu usianya baru menginjak 24 tahun dan masuk dalam Batalyon Infanteri (Yonif) 744-SYB yang berada di bawah kendali Kodam IX/Udayana. 

Personel dari Batalyon yang kini namanya berubah menjadi Batalyon Infanteri Raider Khusus itu terdiri atas pasukan elite pertempuran Infanteri. Jumlahnya sekitar tujuh peleton dalam batalyon ini.  

Jenderal Dudung ketika itu mendapat kepercayaan sebagai Komandan Peleton (Danton) 3/B yang bermarkas kompi di Desa Becora, Dili, Timor-Timur. 

Dia memimpin tim khusus di wilayah yang kini telah bernama Timor Leste, yaitu Ataka dan Casador.  

“Di sinilah saya membawa tim khusus yang namanya Ataka dan Casador. Tim ini terdiri atas prajurit-prajurit pilihan yang berpengalaman untuk mencari anggota Gerakan Pengacau Keamanan (GPK)," ujar Dudung mengisahkan cerita dikutip dari buku Loper Koran Jadi Jenderal, Selasa (21/6/2022).  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut