get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Banjir Bandang dan Longsor di Cilacap, Begini Penjelasan BMKG

Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:04 WIB
header img
Rumah yang tertimpa pohon di Banyumas. (Foto: Dok BPBD Banyumas)

Untuk Sungai Cilaca meluap/limpas masuk ke pemukiman warga di Dusun Cibungur Desa Wanareja Kecamatan Wanareja di Rt 01, 03, 04 Rw 16 masuk ke rumah warga (+/-) 100 rumah dengan tinggi 20 cm s/d 100 cm dan area persawahan (+/-) 25 ha.

Sementara tebing dengan tinggi 15 meter longsor dan mengancam 5 rumah di RT 07 RW 12 Dusun Ciherang Desa Limbangan Kecamatan Wanareja. 

BPBD Kabupaten Cilacap melakukan penanganan darurat dengan memantau warga yang terdampak banjir dan tidak ada pengungsian yang dilakukan. Peninjauan lokasi penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor bersama Perangkat Desa dan Forkopimcam Wanareja dan Pengambilan data informasi bencana di lapangan. Pada kejadian bencana ini tidak ada korban jiwa. 

Kondisi mutakhir saat ini air di pemukiman warga sudah surut. Warga telah membersihkan lumpur di rumah masing-masing untuk bisa ditempati kembali.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, puting beliung, sambaran petir dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut