Logo Network
Network

Senang Bandara JB Soedirman Beroperasi, Jokowi: Terimakasih Pak Gubernur, Bandaranya Bagus

Franky S
.
Jum'at, 11 Juni 2021 | 11:46 WIB
Senang Bandara JB Soedirman Beroperasi, Jokowi: Terimakasih Pak Gubernur, Bandaranya Bagus
Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Bandara JB Soedirman dan senang karena bandara di Purbalingga itu sudah mulai beroperasi, Jumat (11/6/2021).

PURBALINGGA, iNews.id - Presiden Joko Widodo, mengaku senang Bandara JB Soedirman yang dinilainya bagus, sudah mulai beroperasi.

Hal itu diungkapkannya, saat berkunjung ke Purbalingga untuk melihat progres pembangunan Bandara JB Soedirman, Jumat (11/6/2021).

"Terimakasih pak Gubernur Jateng, ibu bupati Purbalingga dan seluruh pihak yang telah berkontribusi, bandaranya bagus," ujarnya.

Tiba di bandara menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis ATR-72, Jokowi langsung disambut Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Menhub Budi Karya Sumadi, Bupati Purbalingga dan jajaran pejabat penting lainnya.

Jokowi mengatakan, kedatangannya ke Purbalingga memang khusus untuk meninjau progres perkembangan pembangunan bandara Jenderal Besar Soedirman. Ia melihat pembangunan runway sudah selesai dengan panjang 1.600 meter dan lebar 30 meter.

"Meskipun terminalnya belum selesai, tapi minggu lalu telah dilakukan penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga dan dari Purbalingga ke Surabaya oleh Citilink. Saya melihat juga penumpangnya lebih dari 70 persen. Alhamdulillah," katanya.

Jokowi berharap, Bandara JB Soedirman bisa berkontribusi untuk menumbuhkan ekonomi di Jateng. Tidak hanya Purbalingga, tapi daerah lain seperti Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo termasuk Kebumen dan daerah lainnya.

Cara seperti ini, akan diterapkan pada pembangunan bandara-bandara lain yang sedang dibangun di Indonesia.

Jokowi smpat masuk ke terminal untuk melakukan pengecekan. Kepada Jokowi, Ganjar mengatakan, tak hanya Purbalingga yang diuntungkan dengan adanya bandara itu.

Daerah lain seperti Banyumas, Pemalang, Banjarnegara, Cilacap, Wonosobo dan Kebumen, juga akan merasakan dampaknya.

"Bandara ini dengan daerah lain di sekitar Purbalingga, dekat pak. Jadi tidak hanya Purbalingga yang ketiban rezeki, daerah lain juga akan merasakan dampaknya. Tentu kita berharap bisa menggerakkan perekonomian di wilayah Jateng bagian selatan ini," ujarnya.

Ganjar begitu bangga dengan dibukanya Bandara JB Soedirman Purbalingga sebagai bandara komersil. Sebab, itu merupakan sejarah panjang yang telah puluhan tahun dimimpikan.

"Ini mimpi besar sejak puluhan tahun, dan hari ini terlaksana. The dream come true," kata Ganjar saat menghadiri penerbangan komersil perdana di bandara JB Soedirman, beberapa waktu lalu.

Ganjar ingat betul bagaimana panjangnya proses menjadikan Bandara JB Soedirman seperti saat ini. Pembahasan bandara itu, sudah dilakukannya sejak ia masih menjadi anggota DPR RI.

Ganjar berharap, dengan adanya Bandara JB Soedirman Purbalingga, tak hanya masyarakat yang terbantu karena akses perjalanan semakin mudah. Ganjar berharap, bandara baru itu bisa menjadi awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah Jateng bagian tengah.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah ini. Tak hanya Purbalingga, tapi juga daerah sekitarnya seperti Banjarnegara, Banyumas, Pemalang, Cilacap, Wonosobo, Kebumen dan lainnya," ujarnya.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini