get app
inews
Aa Read Next : Kunjungi Kilang Cilacap, Direktur Operasi KPI Pastikan Kesiapan Dukung Satgas RAFI

Pekerja Pertamina KPI RU IV Cilacap Kibarkan Bendera Menara Suar Cimiring Nusakambangan

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:01 WIB
header img
Sebanyak 9 pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil mengibarkan bendera di di Menara Suar Cimiring, Nusakambangan. (Foto Dok Pertamina)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Sebanyak 9 pekerja PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap berhasil mengibarkan bendera di di Menara Suar Cimiring, Nusakambangan

Para pekerja Pertamina tersebut tergabung dalam komunitas Pertamina Pecinta Alam (Patrapala). 

Sebelum pengibaran pada Jumat (12/8/2022) lalu, Cilacap diguyur hujan. Beruntung, sekitar pukul 07.30 WIB hujan mulai reda, meski gelombang perairan masih tinggi, pengaruh dari air pasang. Sepuluh menit berikutnya mereka sudah berpindah ke perahu nelayan bersama sejumlah barang yang diperlukan. 

Di tengah terjangan gelombang tinggi, perahu membawa rombongan Patrapala mantap membelah perairan menuju Dermaga Karang Tengah, Pulau Nusakambangan.

Sekitar 15 – 20 menit terombang-ambing melawan gelombang, rombongan tiba di dermaga dalam kondisi basah kuyup. “Tak masalah, ini sudah biasa. Justru di situlah serunya perjalanan ini,” kata Verslandy Andrians, Koordinator Program, Patrapala Cilacap.

Hari itu, Patrapala menggelar agenda penting sebagai wujud cinta tanah air pada momentum HUT ke-77 RI, yaitu pengibaran bendera Merah Putih di Menara Suar Cimiring, Nusakambangan. 

“Setiap tahun kami ingin hadirkan sesuatu yang beda. Tahun lalu pengibaran bendera di area wall climbing Lomanis, dan tahun sebelumnya pengibaran bendera raksasa di area apartemen Patra Lomanis Residence,” jelas Landy.

Setelah beristirahat selama 15 menit di Dermaga Karang Tengah, Landy dan kawan-kawan selanjutnya memulai perjalanan menuju menara suar dengan berjalan kaki. Turut serta dalam kegiatan ini adalah Hulubalang Nusakambangan dari Kodim 0703/Cilacap, Serda Suparno (Pepen) dan Staf Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah, Faisal Abdullah.

Menyusuri hutan Nusakambangan sisi timur dengan ketinggian 100 – 150 m di atas permukaan laut sejauh lebih dari 3 km, menjadi pengalaman petualangan yang menyenangkan. 

Hutan Nusakambangan tidak hanya menyajikan pemandangan indah dan sejuk dengan deretan gagah pohon-pohon besar, namun aneka satwa endemik, seperti burung Elang Jawa, Lutung, dan lain-lain. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut