get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Menikmati Tempe Mendoan saat Bersantai, Lengkap dengan Resep dan Cara Membuat

Minggu, 18 September 2022 | 13:28 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Tempe tipis, lebar, berbalut tepung dari Purwokerto, memang selalu bikin ketagihan. Apalagi jika disajikan menggunakan sambal kecap atau cabai rawit saat masih kemepul panas. Uhh, rasanya nylekamin pisan.

Ya, tempe mendoan ini dapat dinikmati sambil mengisi hari santai Anda. Kuliner khas Banyumas, Jawa Tengah bentuknya yang super tipis, lebar dan rasa gurih yang lembut membuatnya sangat digandrungi. Bahkan kuliner ini sekarang sudah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb).

Banyak yang menyebut jika mendoan merupakan makanan para sultan, bukan karena mahal, tapi karena kenikmatannya. Konon asal penamaan makanan mendoan ini karena berasal dari bahasa Jawa Banyumas 'didorong' yang artinya setengah matang. 

Karena proses pembuatan tempe ini dibalut tepung tipis lalu digoreng setengah matang. Namun saat renyah dan matang, tempe ini tidak bisa lagi disebut dengan nama tempe mendoan.


Tempe mendoan sambal kecap. (Foto: Instagram/@intankarinaijo)
 
Meski makanan asli Banyumas, namun kuliner ini sangat populer di wilayah eks Karisidenan Banyumas, mendoan sendiri banyak di jajakaan mulai dari cafe-cafe hingga pedagang di trotoar secara sederhana. Bahkan, saat ini tempe mendoan sudah dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, 

Sebelum disajikan, tempe tipis ini biasanya dibuat dengan dibungkus daun pisang. Sebelum digoreng, adonan dicelupkan ke dalam tepung terlebih dahulu. Adonan tepung terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ditambah irisan daun bawang, bumbu seperti bawang putih, ketumbar dan garam lalu dihaluskan. Semua tercampur menjadi satu.

Setelah adonan tepung dicelupkan, tempe mendoan goreng siap. Saat menggoreng, penggunaan minyak goreng tidak boleh pelit dan harus dalam keadaan super panas agar matang merata. Nah, saat tepung mendoan tampak membeku dan mulai matang sebaiknya segera dikeluarkan dari wajan.

Mendoan dapat disajikan bersama dengan cabai rawit. Namun kini ada pula yang menyajikannya dengan kecap ditambah irisan cabai rawit. Paling enak disantap saat masih panas kemepul.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut