get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini Purwokerto dan Sekitarnya Kamis 28 Maret 2024

Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Senin, 11 Maret 2024 | 15:53 WIB
header img
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto : Elde Joyosemito.

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Menikmati tempe mendoan untuk takjil buka puasa Ramadhan dijamin bakal bikin ketagihan. Apalagi jika tempe mendoan disajikan untuk menu berbuka puasa menggunakan sambal kecap atau cabai rawit ketika masih kemepul panas. Wahh, rasanya nylekamin pisan.

Resep tempe mendoan khas Banyumas, Jawa Tengah yang gurih dan enak untuk takjil buka puasa ini memiliki tekstur tipis, lebar, dengan berbalut tepung yang selalu bikin banyak orang ketagihan.

Tempe mendoan ini dapat dinikmati sebagai menu takjil buka puasa Ramadhan, karena rasanya yang gurih dan lembut sehingga sangat digandrungi. Bahkan kuliner ini telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb).

Banyak yang mengatakan bahwa mendoan adalah hidangan para sultan, bukan karena harganya mahal, tetapi karena rasanya yang lezat. Konon, nama makanan mendoan berasal dari bahasa Jawa Banyumas 'didorong' yang berarti setengah matang.

Karena tempe ini dibalut dengan tepung tipis dan digoreng setengah matang, maka saat sudah renyah dan matang, tempe tersebut tidak dapat disebut sebagai tempe mendoan lagi.

Walaupun makanan khas Banyumas, tetapi hidangan ini sangat terkenal di wilayah eks-Karisidenan Banyumas, tempe mendoan sendiri banyak dijual mulai dari kafe-kafe hingga pedagang kaki lima dengan cara yang sederhana. Bahkan, saat ini tempe mendoan sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Resep tempe mendoan sebelum dihidangkan sebagai menu takjil buka puasa Ramadhan, umumnya tempe tipis ini dibungkus dengan daun pisang. Sebelum digoreng, adonan dicelupkan ke dalam tepung terlebih dahulu. 

Campuran tepung terbuat dari tepung beras, ditambah irisan daun bawang, bumbu seperti bawang putih, ketumbar, dan garam yang kemudian dihaluskan. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu.

Setelah mencelupkan adonan tepung, tempe mendoan siap digoreng. Saat menggoreng, jangan pelit dalam menggunakan minyak goreng dan pastikan minyak dalam keadaan sangat panas agar matang secara merata. Ketika tepung mendoan mulai membeku dan terlihat mulai matang, segera angkat dari wajan.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut