Logo Network
Network

Keren! Mahasiswi Unsoed Manfaatkan Limbah Tongkol Jagung Jadi Sendok yang Bisa Dimakan

Aryo Rizqi
.
Sabtu, 27 November 2021 | 15:39 WIB
Keren! Mahasiswi Unsoed Manfaatkan Limbah Tongkol Jagung Jadi Sendok yang Bisa Dimakan
Lima mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menciptakan sendok garpu dari limbah tongkol jagung yang dapat dimakan. (Foto : Dok Unsoed)

PURWOKERTO, iNews.id - Lima mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menciptakan sendok garpu dari limbah tongkol jagung. Yang menarik dari sendok garpu hasil inovasi mahasiswi Unsoed ini ternyata dapat dimakan lho!

"Kita bikin sendok garpu dari limbah tongkol jagung, jadi sendok 2 in 1. Jadi satu sendok bisa garpu bisa sendok langsung dan itu dibuat dari limbah tongkol jagung yang dijadikan tepung terus dijadiin sendok, dan sendok itu bisa dimakan," kata Ketua Tim PKM (Program Kreativitas Mahasiswa ), Fitri Nur Haerunnisa seperti dikutip iNews Purwokerto dari halaman unsoed.ac.id, Sabtu (27/11/2021).

Tim PKM dari Fakultas Pertanian Unsoed ini yang beranggotakan Fitri Nur Haerunnisa, Isna Aulia Syahdiar, Toibah, Annisa Islamiati, dan Salma Alif Nabilah.

Inovasi produk ini sendiri diciptakan tidak lepas dari tingkat pencemaran lingkungan terutama sampah plastik. Semakin bertambahnya penggunaan sendok-garpu sekali pakai, ditambah kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan konsumen tidak menggunakan peralatan makan secara berulang, maka menambah pula jumlah sampah plastik di daerah Banyumas.

Apalagi Kabupaten Banyumas dikenal sebagai daerah dengan produksi komoditas jagung tertinggi ketiga dibandingkan dengan komoditas sumber karbohidrat lain. Sehingga ketersediaan limbah tongkol jagung sangat berlimpah tanpa adanya alternatif pemanfaatan oleh masyarakat sekitar.

Hal tersebut yang mendorong lima mahasiswi dari Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto ini untuk menciptakan solusi yang dapat meningkatkan nilai tambah dari limbah tongkol jagung. Selain itu juga meminimalisir pembuangan limbah secara percuma.

Fitri mengungkapkan jika produk ini memiliki tingkat kreativitas yang cukup tinggi, karena sendok-garpu ini berbeda dari yang lain. Produk ini diracik dengan memadukan berbagai formulasi-formulasi yang sudah pernah tim lakukan observasi.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini