get app
inews
Aa Read Next : BMKG Ingatkan Cuaca Ekstrem Sepekan Mendatang

Gempa Tektonik M 4,7 Guncang Cilacap, Disebabkan Subduksi Lempeng Indo-Australia

Minggu, 09 Oktober 2022 | 11:24 WIB
header img
Gempa Tektonik M 4,7 Guncang Cilacap, Disebabkan Subduksi Lempeng Indo-Australia. Foto: iNews.id

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Gempa tektonik berkekuatan M 4,7 mengguncang Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Minggu, (9/10/2022) pukul 10.43.41 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4.7.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie mengatakan episenter gempabumi terletak pada koordinat 8.32 derajat Lintang Selatan 109.02 derajat Bujur Timur. "Tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 66 km arah Tenggara Kota Cilacap, Jawa Tengah pada kedalaman 33 km," kata Setyoajie dalam keterangannya.

Dia menjelaskan,dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi di Cilacap merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Dampak guncangan gempabumi ini sendiri dirasakan di daerah Cilacap, Kebumen, Pangandaran II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut