Logo Network
Network

Layanan Pemeriksaan GeNose-19 Kini Hadir di Stasiun Cilacap

Aryo Rizqi
.
Minggu, 20 Juni 2021 | 21:00 WIB
Layanan Pemeriksaan GeNose-19 Kini Hadir di Stasiun Cilacap
Stasiun Purwokerto Tambah Jam Layanan Pemeriksaan Rapid Test Dan Genose C-19. (Foto Dok Humas Daop 5 Purwokerto).

PURWOKERTO, iNews.id - Daop 5 Purwokerto akan mulai menyediakan layanan pemeriksaan GeNose-19 di Stasiun Cilacap pada Senin (21/6/2021) besok. Penyediaan layanan pemeriksaan GeNose di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

"Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum kecuali air putih. Hal itu untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19," kata Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/6/2021).

Dia mengatakan, hal ini sebagai wujud komitmen KAI untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan disiplin prokes yang ketat pada transportasi umum. Adapun bagi pelanggan yang sudah mempunyai kode booking tiket KA jarak jauh yang telah dibayar, dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 dengan biaya Rp 30 ribu serta menunjukkan kartu identitas asli.

Untuk diketahui saat melakukan pemeriksaan GeNose, hal yang harus diperhatikan adalah pengambilan napas yang dalam melalui hidung dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali. 

“Pengambilan napas pertama dan kedua dihembuskan melalui mulut dengan masker tertutup,” jelasnya.

Sedangkan pengambilan napas ketiga dihembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai dengan kondisi kantong udara penuh. Setelah itu, lanjutnya, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara.

"Jika kedapatan calon penumpang dengan hasil pemeriksaan menunjukkan hasil positif, calon penumpang akan diminta membatalkan perjalanan. Calon penumpang dipersilakan menukar tiket dengan uang kembali (refund) di loket. Refund tiket akan dikembalikan secara transfer ke rekening bank dalam kurun waktu 14 hari kerja," ujarnya.

Untuk jam pelayanan pemeriksaan Genose-19 di Stasiun Cilacap, khusus tanggal 20 Juni 2021 akan dilakukan uji coba layanan pemeriksaan Genose-19 mulai pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB.

Dan mulai tanggal 21 juni 2021, selama bulan Juni jam pelayanan pemeriksaan Genose-19 akan dimulai pukul 12.00 WIB - 18.00 WIB.

Sedangkan per-tanggal 2 Juli 2021 jam layanan pemeriksaan akan diatur sebagai berikut:

-    Pagi mulai pukul 04.30 - 06.00 WIB
-    Siang mulai pukul 12.00 - 18.00 WIB

Selain berkas pemeriksaan Covid-19 dengan hasil negatif, untuk dapat menggunakan KA jarak jauh pelanggan KA juga harus memenuhi syarat lainnya, yakni memiliki suhu tubuh normal maksimal 37,3 derajat celcius. Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan di stasiun saat akan berangkat dan secara berkala sepanjang perjalanan KA.

Ayep menerangkan, setiap kereta kini juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara untuk digunakan sewaktu-waktu jika di perjalanan terdapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 derajat celcius atau lebih.

“Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan setiap 30 menit. Kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik,” tutur Ayep.

PT KAI Daop 5 Purwokerto mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan kereta api yang telah mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan. 

“Terus terapkan protokol kesehatan secara konsisten dan disiplin untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.
 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.