get app
inews
Aa Read Next : Ketika Inacraft 2024 Perkenalkan Brand Fashion Lokal Banyumas Dejarumi ke Mata Dunia

Mengenal Motif Batik Parang Lereng yang Dilarang Dipakai pada Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Kamis, 15 Desember 2022 | 10:59 WIB
header img
Ilustrasi Batik Parang. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Mengenal motif batik parang dan lereng yang dilarang digunakan tamu undangan saat resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Aturan tersebut sudah jauh-jauh hari dilakukan panitia acara agar para tamu yang menghadiri pesta Ngunduh Mantu di Pura Mangkunegaran, pada Minggu 11 Desember 2022 tidak menggunakannya.

Bahkan, juru bicara pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, aturan tersebut datang dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegoro (MN) X. Lantas, apa makna yang terkandung dalam batik parang yang dilarang digunakan saat pernikahan Kaesang-Erina beberapa waktu lalu.

Dilansir Okezone dari Goodnewsfromindonesia.id, batik parang merupakan salah satu motif tertua. Parang berasal dari kata pereng, yang artinya adalah ‘lereng’. Pereng atau perengan merepresentasikan garis menurun secara diagonal.

Situs Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menuliskan, berdasarkan sejarah, Sultan Agung Hanyokrokusumo yang merupakan raja Mataram Islam dan memerintah pada tahun 1613—1645. Pada masa Mataram Islam, motif parang hanya boleh digunakan oleh para raja dan keturunannya (sentana).

Tapi, seiring berjalannya waktu, banyak juga masyarakat yang menggunakan batik dengan motif parang. Setelah masa kemerdekaan Indonesia, aturan penggunaan motif batik tersebut mengalami pelonggaran. Namun, motif parang masih menjadi motif yang ditinggikan di lingkungan Keraton Surakarta, Yogyarakta, Mangkunegaran, dan Pakualaman.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut