get app
inews
Aa Read Next : Polisi Tangkap Pengedar Psikotropika di Cilongok Banyumas, Amankan Ribuan Obat-obatan Berbahaya

Bongkar 1,2 Ton Ganja, Iptu Rheditya Alfa Wakili Indonesia Raih Penghargaan dari ILEA di Amerika

Selasa, 23 Mei 2023 | 08:58 WIB
header img
Iptu Rheditya Alfa Hendy meraih penghargaan International Law Enforcement Academy (ILEA) Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat pada 24-26 April lalu. Foto: Dok Iptu Rheditya Alfa Hendy

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Terbongkarnya kasus peredaran narkoba jenis ganja seberat 1,2 ton beberapa waktu lalu oleh Polres Metro Jakarta Barat sempat menyita perhatian dunia. Penyelidikan yang dilakukan selama 8 bulan itu membawa Iptu Rheditya Alfa Hendy meraih penghargaan International Law Enforcement Academy (ILEA) Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat pada 24-26 April lalu.

Lulusan Akpol 2016 yang pernah bertugas di Polresta Cilacap dan kini menjadi Kanit Timsus 3 Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat ini menjadi satu-satunya Bayangkara Indonesia yang mewakili Asia Tenggara dalam hal pengungkapan kasus peredaran narkoba. Iptu Rheditya berangkat bersama Kompol Pandu Winata, Personel Polda Sumut yang berhasil mengungkap kasus Krimsus Tindak Pidana Hak atas Kekayaan Intelektual.


Suasana pemberian penghargaan International Law Enforcement Academy (ILEA) Day Award 2023 di Washington DC, Amerika Serikat. Foto: Dok Iptu Rheditya Alfa Hendy

 

Lulusan PTIK 2020 yang mendapatkan promosi ke Polda Metro Jaya ini mengatakan jika kandidat yang terpilih sebelumnya telah melalui proses pemeriksaan ketat yang dilakukan pemerintah AS. Hal ini untuk memastikan jika kandidat yang terpilih tidak terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia dan eksploitasi seksual.

Pengumuman pemberian penghargaan ILEA Day Award 2023 ini disampaikan melalui Surat dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta kepada Kepala Divisi Hubungan Internasional Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Krishna Murti.

"Setelah kami disurati, kami dipanggil ke Mabes Polri, terus kami diberikan pengarahan dari Kadiv Hubinter Irjen Pol Krisna Murti. Beliau menyampaikan semoga berangkat ke sana jangan sampai buat malu, karena setelah sekian lama akhirnya Indonesia bisa ngirim," kata Iptu Rheditya Alfa Hendy saat dihubungi iNewsPurwokerto.id, Selasa (23/5/2023).

Menurut Iptu Rheditya Alfa Hendy, Indonesia sendiri sudah 9 tahun tidak lulus seleksi ajang International Law Enforcement Academy. Di mana proses seleksi dan pemilihan terhadap pada kandidat dari berbagai negara di dunia dilakukan langsung oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Amerika Serikat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut