get app
inews
Aa Read Next : Inilah Kakang Mbekayu Banyumas tahun 2023

Sambangi Kopi Mukidi Temanggung, Mahasiswa Komunikasi Unsoed Kaji Kisah Suksesnya 

Kamis, 25 Mei 2023 | 08:24 WIB
header img
Rumah Kopi Mukidi tidak hanya menjadi tempat belajar bagi warga dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. (Foto: Istimewa)

Di Kopi Mukidi, para mahasiswa yang melakukan kunjungan sebagai bagian dari tugas mata kuliah Desain Komunikasi Pembangunan dapat belajar langsung dari para pelaku UKM yang berhasil bertahan dan mengembangkan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

"Para mahasiswa ini belajar langsung dari para pelaku UKM untuk berinteraksi, merekonstruksi, dan menganalisis kesuksesan pelaku UKM Kopi ini," kata Adhi Iman Sulaiman.

Adhi Iman menjelaskan bahwa para mahasiswa harus memahami pentingnya kewirausahaan yang unik dan menarik dalam UKM Kopi serta produk kearifan lokal dalam memajukan pembangunan di pedesaan. 

Melalui kewirausahaan, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja khususnya bagi generasi muda, mengembangkan potensi sumber daya sosial-ekonomi lokal, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

Melalui kegiatan ini, lanjut Adhi Iman, mahasiswa dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan strategi atau model pemberdayaan kelembagaan UKM Kopi berbasis kearifan lokal.

Setelah melakukan kunjungan lapangan, mahasiswa MIK Unsoed tahun 2022 akan menyusun laporan, menganalisis, dan melakukan presentasi mengenai UKM Kopi yang mereka kunjungi. Diharapkan, laporan ini dapat menjadi referensi untuk pengembangan usaha kopi yang dikunjungi serta pengembangan UKM sejenis di tempat lain.

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam kunjungan lapangan, Ustad Mukorobin, mengungkapkan kegembiraannya dapat belajar langsung dari pelaku UKM Kopi Mukidi tentang produksi kopi, pemasaran, perancangan merek dagang, dan hal lainnya.

"Ini merupakan pengalaman baru bagi saya, karena saya banyak mendapatkan pengetahuan baru dari para pelaku UKM Kopi. Pengalaman dan pemberdayaan seperti ini dapat diadopsi di tempat lain,”tambahnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut