get app
inews
Aa Read Next : Jalan Mayjen Sutoyo Kebumen Disulap Seperti Moro Soetta

Gelaran Kebumen International Expo, PKL Mulai Geser ke Jl Soekarno Hatta 

Jum'at, 26 Mei 2023 | 09:16 WIB
header img
Selama berlangsungnya Kebumen International Expo (KIE), para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun Kebumen akan dipindahkan ke Jalan Soekarno Hatta. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Selama berlangsungnya Kebumen International Expo (KIE), para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar alun-alun Kebumen akan dipindahkan ke Jalan Soekarno Hatta karena adanya stan yang mengelilingi alun-alun tersebut.

"Kami akan memindahkan PKL di alun-alun Kebumen ke Jalan Soekarno Hatta," kata Panitia KIE, Frans Haidar, setelah melakukan sosialisasi tentang penataan PKL di alun-alun Kebumen menjelang KIE, di Pendopo Kabumian, pada Kamis 25 Mei 2023.

Frans menjelaskan bahwa sosialisasi ini dilakukan agar para PKL memahami adanya acara KIE yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat. Pemindahan PKL di alun-alun ini sudah dimulai sejak H-7.

"Kami telah memulainya sejak H-7. Kami telah menyiapkan stan di Jalan Soekarno Hatta, mulai dari depan SMPN 5 hingga tugu PKK. Jadi, pemindahan ini tidak dilakukan secara sepihak, tetapi melalui komunikasi intensif," jelasnya.

Sementara itu, PKL di Jalan Mayjen Soetoyo, tepatnya di depan SMAN 1 hingga SMPN 1, juga diperkirakan akan ramai dikunjungi oleh pengunjung karena pintu masuk KIE akan dibuka dari sisi timur utara. Hal ini berbeda dengan KIE tahun 2022.

"Pintu masuknya berada di pojok utara sisi timur, sehingga pengunjung dapat masuk dari sana, sehingga PKL di Jalan Mayjen Soetoyo diprediksi akan ramai pengunjungnya, tidak seperti tahun sebelumnya," jelas Frans.

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun, Muhajir, menyambut baik rencana pemerintah daerah untuk melakukan penataan terhadap anggota PKL dalam rangka mendukung KIE. Mereka siap mematuhi dan mendukung keputusan pemerintah.

"Karena ini adalah kepentingan banyak orang, kepentingan masyarakat Kabupaten Kebumen, ini adalah pesta warga Kebumen, jadi pasti kami mendukung. Seperti tahun sebelumnya, kami akan dipindahkan sementara ke Jalan Soekarno Hatta," ujar Muhajir.

Dengan adanya KIE, mereka berharap dapat meningkatkan pendapatan PKL seperti tahun sebelumnya. Jumlah anggota PKL di alun-alun mencapai 150 orang. Mereka mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang menyelenggarakan acara besar yang dapat mengundang banyak orang datang ke Kebumen.

"Insya Allah, KIE dapat membawa berkah bagi kita semua," tambahnya.

KIE 2023 akan berlangsung pada tanggal 17-24 Juni 2023. Acara ini akan menyediakan 500 stan pameran dan diperkirakan akan menarik 200.000 pengunjung. KIE juga akan dimeriahkan oleh artis-artis dari ibu kota.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut