get app
inews
Aa Read Next : Ini Kabar Baru Pemanfaatan Bandara JB Soedirman Purbalingga

Apa Kabar Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga? Ini Info Terbarunya

Sabtu, 10 Juni 2023 | 11:07 WIB
header img
Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga kini tengah diupayakan sebagai Feeder Umrah. (Foto: Ilustrasi)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Apa kabar Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga? Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga, Herni Sulasti, menyampaikan bahwa kini ada upaya menjadikan JBS sebagai Feeder Umrah.

Upaya itu merupakan  solusi awal untuk mengoptimalkan bandara tersebut. Namun, ke depannya, Bandara JBS tetap akan menjadi bandara komersial yang juga melayani penerbangan umum.

"Ini masih langkah awal, karena kami terus mencari cara agar penerbangan ini dapat berjalan untuk penerbangan umum. Saat ini kami fokus pada Feeder Umrah. Selanjutnya, pariwisata akan dipaketkan dengan Wonosobo (dan Banjarnegara) yang memiliki Dieng, yang sudah menjadi prioritas pariwisata nasional," kata Sekda Herni saat menerima kunjungan pejabat Sekretariat Kabinet RI pekan ini.

Dalam kunjungan tersebut, Setkab RI melakukan monitoring terhadap kebijakan pembangunan Bandara JBS yang telah diambil oleh Presiden RI, Joko Widodo. Kunjungan ini juga mencakup pengumpulan informasi mengenai masalah atau kendala yang terjadi. Setiap masukan yang diberikan akan dikoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait.

Pada kesempatan itu, Sekda Herni menjelaskan upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalkan Bandara JBS. Awalnya, bandara ini mendapat antusiasme yang tinggi karena harga tiket ke Halim Perdanakusuma yang hanya sebesar Rp 577 ribu, bersaing dengan harga tiket kereta api. Namun, sejak pembatasan akibat pandemi COVID-19 dan kenaikan harga bahan bakar avtur, harga tiket naik menjadi sekitar Rp 1,2 juta.

"Harga tiket sebesar itu cukup memberatkan bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami terus mencari potensi, mulai dari sektor pariwisata, tenaga kerja Purbalingga di luar daerah, hingga sektor kargo. Namun, saat ini yang paling layak adalah potensi umrah dan mendapatkan dukungan dari kabupaten lain tanpa membebani APBD," ujar Herni.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut