get app
inews
Aa Read Next : Kilang RU IV dan Pemkab Cilacap Teken Kerjasama Pembangunan Daerah 

Cilacap Punya Dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami

Jum'at, 04 Agustus 2023 | 08:34 WIB
header img
Pemkab Cilacap menyelenggarakan acara sosialisasi Dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami untuk para pemangku kepentingan, pada hari Kamis (3/8/2023).

Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Bidang Ekonomi dan Pembangunan, M Wijaya, menyatakan bahwa Kabupaten Cilacap memiliki peran sebagai laboratorium bencana. Oleh karena itu, diperlukan fasilitas yang memadai untuk menghadapi bencana dengan harapan mencapai nol korban. Selain itu, upaya kesiapsiagaan juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap yang rutin melakukan simulasi bencana setiap 2 bulan oleh seluruh OPD, termasuk dinas teknis.

"Dengan adanya perangkat sistem peringatan dini yang terpasang, masyarakat diharapkan dapat memahami tindakan penyelamatan mandiri yang harus dilakukan jika terjadi bencana," kata Wijaya.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Wastam, berharap agar dokumen rencana kontingensi ini dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan, terutama yang bertanggung jawab atas obyek-obyek vital. Beliau juga mendorong pihak swasta dan pengelola obyek vital untuk melakukan pelatihan simulasi guna mencapai target zero accident dan korban bencana.

Acara sosialisasi ditandai secara simbolis dengan penyerahan Dokumen Rencana Kontingensi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Kabupaten Cilacap dari BNPB kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap. Sebelumnya, kegiatan diawali dengan Semiloka/seminar rencana kontingensi di ruang rapat siaga BPBD Cilacap. Tim juga melakukan audensi dengan Pj. Bupati Cilacap terkait dokumen tersebut.

Dengan disusunnya dokumen rencana kontingensi bencana ini dan melalui upaya sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, Kabupaten Cilacap berharap dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan efektivitas penanganan darurat saat menghadapi ancaman gempa bumi dan tsunami.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut