get app
inews
Aa Read Next : Jadi Juara Nasional, Empat Atlet Pelajar Banyumas Bakal Ikuti Pelatihan di China

Catatan Banyumas di Ajang Porprov Jateng XVI, Peringkat 8 Setara 5 Besar hingga Mutasi Atlet

Minggu, 13 Agustus 2023 | 09:40 WIB
header img
Catatan Banyumas di Ajang Porprov Jateng XVI, Peringkat 8 Setara 5 Besar hingga Mutasi Atlet secara tiba-tiba. Foto: Dok KONI Jateng

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI tahun 2023 di Pati Raya telah berakhir pada Jumat (11/8) malam. Porprov Jateng 2023 itu ditutup langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin di Stadion Gelora Bumi Kartini, Kabupaten Jepara.

Dalam ajang Porprov Jateng XVI, kontingen Banyumas sendiri berada pada posisi 8 pengumpul medali terbanyak dengan perolehan 29 emas, 44 perak, dan 50 perunggu, sehingga total perolehan sebanyak 123 medali. Sedangkan untuk juara umum diraih oleh Kota Semarang dengan perolehan 186 emas, 138 perak, dan 137 perunggu.

Menurut Wakil Ketua Umum III Bidang Humas dan Media bahwa KONI Banyumas, Iksanto mengatakan, berdasarkan analisa dunia olahraga, terdapat catatan menarik yang telah diperjuangkan oleh atlet-atlet Kabupaten Banyumas. Di mana ketika bertanding di lapangan, kontingen Kabupaten Banyumas tampil tanpa beban, meskipun dibebankan meraih hasil terbaik, bukan sekadar emas, perak, ataupun perunggu.

"Perjuangan itulah yang tanpa disadari membuahkan hasil terbaik, yakni dalam catatan angka di peringkat 8 namun sebenarnya Banyumas menduduki urutan ke 5 pengumpul medali terbanyak, dengan catatan pesaingnya adalah tuan rumah Pati Raya yang meliputi Kota Pati, Kudus, Grobogan, Jepara, Blora, dan Rembang," kata Iksanto dalam keterangannya, Minggu (13/8/2023).

Dia mengatakan, tuan rumah bersama seperti istilah Pati Raya merupakan istilah 'kroyokan' dalam meraih medali sebanyak mungkin, disebuah multi event resmi seperti Porprov, PON, bahkan hingga sekelas Olimpiade.

"Jadi dalam kalkulasi medali olahraga urutan 5 besar peringkat peraih medali terbanyak dalam porprov Jateng 2023 yang berakhir pada 11 Agustus 2023 adalah Kota Semarang, Pati Raya, Kota Surakarta, Kota Salatiga, dan Kabupaten Banyumas," jelasnya.

Namun, jika dibandingkan pada ajang Poprov sebelumnya tahun 2018 di Kota Surakarta, yang berada di peringkat 5 artinya Kabupaten Banyumas mampu bertahan dari 'kroyokan' Pati Raya dan hanya kalah dari Kota Semarang, Kota Surakarta, dan Kota Salatiga.

Jika bicara Porprov Jateng XVI di Pati Raya, Iksanto mengatakan jika hal tersebut pernah disampaikan oleh Ketua Umum KONI Banyumas Bambang Setiawan sebelum keberangkatan, bahwa saingan terberat Kabupaten Banyumas adalah Kota Semarang, Kota Surakarta, dan tuan rumah Pati Raya yang meliputi Kabupaten Pati, Grobogan, Blora, Kudus, Jepara, dan Rembang. 

"Saingan terberat kita adalah Kota Semarang, Kota Surakarta, dan tuan rumah Pati Raya yaitu Kebupaten Pati, Grobogan, Blora, Kudus, Jepara, dan Rembang," ucap Iksanto mengungkapkan pernyataan Bambang Setiawan.

Lanjut Iksanto, tuan rumah pasti akan berupaya sekuat tenaga, dan dengan bebagai cara untuk bisa memenangkan setiap pertandingan disetiap venues yang berlangsung di daerah masing-masing.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut