get app
inews
Aa Read Next : 5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Murah, Unsoed Purwokerto Urutan Berapa?

Sebelum Memilih Jurusan Kuliah, Yuk Kenali Minat dan Bakat Kalian

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:12 WIB
header img
Jurusan kuliah. Foto/Ist

JAKARTA, iNews.id - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) sudah dimulai. Tahapan ini juga harus dilalui calon mahasiswa baru yang ingin menempuh studi dengan jurusan yang paling diinginkan.

Tapi, bagaimana jika masih banyak calon mahasiswa baru yang belum bisa menetapkan jurusan yang akan dipilihnya di kampus? Sedangkan jika merasa salah pilih jurusan bisa membuat semangat kendor ketika menjalani kuliah nanti.

Oleh karena itu, sebaiknya memilih jurusan itu dilakukan dengan mengenal terlebih dulu minat dan bakat diri sendiri. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat akan membuatmu lebih bersemangat dan menikmati proses kuliah hingga lulus.

Sehingga hasil yang dicapai pun akan lebih optimal daripada memilih jurusan hanya karena terpaksa atau ikut-ikutan teman. Mengutip dari laman Ruangguru di ruangguru.com, Selasa (18/1/2022), simak 9 cara mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Ikut tes minat bakat

Ikuti tes minat dan bakat. Kini banyak tes minat dan bakat yang digelar secara online oleh beberapa aplikasi. Seperti yang disediakan Ruangguru. Tes minat bakat ini akan terdiri dari dua bagian, yaitu tes minat dan tes bakat. Tes minat akan dibagi ke dalam tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai.

Hasil tes minat akan memperlihatkan ketertarikan kamu pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat kamu. Sementara itu, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning.

Hasil dari tes bakat akan memperlihatkan penjelasan setiap subtes penalaran yang telah kamu isi beserta 10 rekomendasi jurusan sesuai dengan hasil tes minat dan bakat kamu.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut