get app
inews
Aa Read Next : 5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Murah, Unsoed Purwokerto Urutan Berapa?

Sebelum Memilih Jurusan Kuliah, Yuk Kenali Minat dan Bakat Kalian

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:12 WIB
header img
Jurusan kuliah. Foto/Ist

2. Punya hobi? Coba ketahui hobimu dengan baik

Mulai sekarang jangan anggap hobi sebagai sesuatu yang sepele. Sebab hobi bisa menjadi salah satu petunjuk mengenai apa minat dan bakat kamu sebetulnya. Misalnya, jika hobimu menulis atau menggambar maka tinggal cari tahu jurusan apa yang sesuai dengan hobi tersebut.

3. Cari tahu apa yang paling kamu sukai

Mungkin tidak mudah bagi calon mahasiswa untuk menentukan satu hal yang benar-benar disukai. Adakalanya bisa menyukai beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Jika kondisinya seperti itu maka cobalah untuk menyaring dan menemukan beberapa hal yang paling disukai dan ingin dilakukan setiap saat. Cara ini bisa membantu dalam menemukan bakat terpendam yang ada di dalam dirimu.

4. Tulis semua hal yang kamu sukai

Setelah mengetahui beberapa hal yang paling disukai, tuangkan minat tersebut ke dalam tulisan. Dengan ditulis, akan lebih mudah mengenali dan memilih minat apa yang paling sesuai dengan diri sendiri.

Apa sih sebetulnya minat itu? Minat adalah dorongan atau keinginan yang ada diri seseorang terhadap objek tertentu. Minat ini biasanya timbul karena kamu memliki kemampuan yang dapat diaplikasikan di bidang tertentu.

Misalnya, jika memiliki ketertarikan dengan berkomunikasi atau bekerja bersama tim, maka cocok apabila mengambil jurusan seperti Komunikasi, Public Relation, dan sebagainya.

5. Cari tahu sesuatu yang ingin kamu lakukan tapi belum terlaksana

Selain mengetahui minat atau hobi yang disukai, kamu juga bisa mengingat kembali hal-hal baru atau aktivitas apa saja yang sangat ingin kamu lakukan, namun belum terlaksana selama ini karena halangan tertentu.

Bisa jadi aktivitas tersebut merupakan bakat tersembunyi yang selama ini belum muncul karena kurang motivasi atau keadaan lingkungan yang belum memungkinkan. Terkadang sesuatu yang menjadi tantangan bagi diri sendiri bisa menjadi bakat yang terpendam.

6. Amati caramu menyelesaikan aktivitas sehari-hari

Cara lain untuk menemukan minat dan bakat adalah dengan mengamati aktivitas sehari-hari yang dilakukan selama ini. Kira-kira seberapa cepat dan nyaman menyelesaikannya?

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut