get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Larangan Kader Pakai Atribut untuk Politik Praktis, GP Ansor Banyumas: Sebatas Hubungan Persahabatan

Senin, 11 September 2023 | 10:29 WIB
header img
Larangan Kader Pakai Atribut untuk Politik Praktis, GP Ansor Banyumas: Sebatas Hubungan Persahabatan. Foto: Ilustrasi/ Net.

"Dalam urusan perpolitikan, kita hanya menjalin persahabatan bahasanya. Kita ini semua sahabat, masa iya ada sahabat punya hajat kita tidak membantu. Kita sistemnya sahabat membantu sahabat dan menolong sahabat, sahabat mengawal sahabat. Maka secara hubungan persahabatan yang sudah terikat selama ini, sudah menjadi kewajiban kami dan sahabat-sahabat untuk ikut mensukseskan ketika ada sahabat sahabat yang masuk dalam kontestasi perpolitikan," jelasnya.

Kalaupun tidak ada yang didukung, Gus Luqman menjelaskan jika GP Ansor beserta keluarga besarnya di Kabupaten Banyumas, akan tetap bergerak solid satu komando untuk bisa mensukseskan Pemilu 2024.

"Mau tidak mau, sebagai organisasi terbesar tentunya kita harus ikut terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pesta politik tahun ini. Meskipun ada edaran-edaran semacam itu, ketika kita ini mengikat secara langsung atau secara organisasi," ujarnya.

Gus Luqman mencontohkan, GP Ansor mendukung salah satu partai politik tertentu dan calon Presiden atau wakil Presiden tertentu ketika mengikat secara organisasi. Akan tetapi ketika calon-calon tersebut tidak mengikatkan komitmen secara organisasi, tapi mereka sudah menjalin hubungan baik dengan GP Ansor, maka pihaknya akan tetap memberlakukan mereka sebagai hubungan persahabatan.

"Mendukung tanpa menggunakan atribut. Intinya lebih pada ikatan tidak langsung, hanya persahabatan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut, mengeluarkan surat instruksi bernomor: 4173/PP/SR-01/IX/2023 tertanggal 8 September 2023, di mana seluruh kader dan pengurus dilarang menyatakan dukungan kepada calon presiden, calon wakil presiden, calon anggota legislatif, calon kepala daerah, dan partai politik apa pun dengan mengatasnamakan GP Ansor.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut