get app
inews
Aa Read Next : 1.165 Calon Jemaah Haji Banyumas Pamitan

Kisah Pj Bupati Banyumas Diberi Iket oleh Bedogol Saat Sowan ke Komunitas Adat Bonokeling

Senin, 02 Oktober 2023 | 09:09 WIB
header img
Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, melakukan kunjungan silaturahmi ke masyarakat adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Penjabat (Pj) Bupati Banyumas, Hanung Cahyo Saputro, melakukan kunjungan silaturahmi ke masyarakat adat Bonokeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang. 

Dalam kunjungannya, ia memohon restu agar dalam menjalankan tugasnya sebagai Pj Bupati Banyumas dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Selama kunjungan tersebut, Hanung juga diberikan sebuah iket (penutup kepala) oleh Tetua Adat Bonokeling sebagai tanda penghormatan dan restu.

Kunjungan silaturahmi ini berlangsung setelah upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan sarasehan bersama Pj Bupati Banyumas di Lapangan Tunggul Jati, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, pada Minggu (1/10/2023).

Sebelum mengunjungi rumah adat masyarakat adat Bonokeling, Hanung juga menggelar slametan atau doa bersama serta makan bersama dengan warga di lapangan.

Doa bersama dipimpin oleh salah satu Tetua Adat Bonokeling dan Tokoh Agama Islam, kemudian diikuti dengan prosesi nguyeg tumpeng yang dilakukan oleh Pj Bupati. 

Prosesi nguyeg tumpeng ini melibatkan menekan tumpeng yang berisi ingkung ayam dalam gunungan nasi dengan tangan. Setelah itu, nasi tumpeng dimakan bersama sambil berdialog.

Setelah prosesi nguyeg tumpeng dan makan bersama, Hanung dan Bedogol (Rama Kiai Kunci) serta tetua masyarakat adat Bonokeling dan masyarakat setempat berjalan bersama ke rumah adat. Mereka berjalan sekitar satu kilometer dari lapangan. 

Di kompleks rumah adat Bonokeling, terdapat berbagai bangunan seperti balai pesemuan untuk pertemuan, balai malang untuk meracik makanan, rumah Rama Kiai Kunci, dan kedaton.

"Saya berkunjung ke Bonokeling Desa Pekuncen. Ini adalah wujud Desa Pancasila yang ada di Kabupaten Banyumas. Kami melakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh pemuka adat, agama, dan tokoh masyarakat di sini. Hasilnya sangat luar biasa. Saya sangat senang bisa melaksanakan kunjungan ini," ujar Hanung setelah mengunjungi rumah adat Bonokeling.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut