get app
inews
Aa Read Next : KKN, Mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto Gelar Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami

KKN Tematik UIN Saizu Diisi Kegiatan Pendampingan UMKM dan Literasi Keuangan

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 14:06 WIB
header img
UIN Saizu Purwokerto menggelar KKN tematik di Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Kegiatannya pendampingan UMKM dan lterasi keuangan. (Foto: Istimewa)

“Yang pertama ditanya adalah tentang aset apa saja yang mereka miliki serta para UMKM. Kemudian pelaku UMKM diberi tugas mencatat seluruh transaksi kegiatan usahanya selama satu bulan. Lalu, pada pertemua kedua dilakukan pengolahan atas transaksi tersebut kedalam jurnal umum, posting kebuku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca lajur dan laporan keuangan. Dan diakhir periode dibuat jurnal penutup dan diposting ke buku besar. Setelah itu dibuat neraca akhir periode yang akan menjadi neraca awal periode selanjutnya,”paparnya.

Pihaknya juga melaksanakan FGD literasi keuangan di desa setempat yang diikuti oleh 40 orang yang terdapat di Desa Sikanco. “Jadi kegiatan ini membahas mengenai bagaimana caranya mengatur keuangan pada keluarga, mengatur keuangan pada UMKM serta adanya ilmu tentang literasi keuangan,”kata Siti.

Menurutnya, FGD literasi keuangan ini sangat penting, karena dengan adanya literasi keuangan masyarakat dapat menggunakan sumber daya keuangan yang dimiliki dengan tepat. 

“Selain bagi individu, literasi keuangan juga sangat penting bagi UMKM, mereka akan memiliki informasi berbagai alternatif sumber modal usaha dan setelah bisnisnya berkembang, pelaku UMKM mampu untuk melakukan investasi di berbagai sektor, baik investasi pada industry perbankan seperti deposito, maupun di sektor non perbankan seperti saham, reksadana, obligasi dan lain-lain,”jelasnya.

Siti menjelaskan, ada 3 langkah dalam memanajemen keuangan keluarga. “Yakni mendata seluruh pendapatan yang diperoleh keluarga, kedua implementasi manajemen keuangan keluarga serta ketiga adalah evaluasi keuangan keluarga. 
Dalam ilmu manajemen kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang berpengaruh terhadap perencanaan dan implementasi yang sudah dilakukan,”paparnya.

FGD Literasi Keuangan tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat, terutama bagi mereka yang belum tahu bagaimana cara mengatur keuangan. 

Setelah mengikuti FGD literasi keuangan ini masyarakat terutama pelaku UMKM lebih mengetahui pentingnya mengelola keuangan untuk usahanya. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, UMKM di Desa Sikanco diharapkan dapat lebih berkembang.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut