get app
inews
Aa Read Next : Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun Tadi Malam

Mooryati Soedibyo, Pengusaha Kecantikan yang Mulai Usaha dari Garasi Rumah

Rabu, 24 April 2024 | 08:14 WIB
header img
Mustika Ratu, merek kosmetik dan jamu yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, berdiri sejak tahun 1975 dan sukses berkat dedikasi dan perjuangan Mooryati Soedibyo. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id-Mooryati Soedibyo, pendiri Mustika Ratu, meninggal dunia pada usia 96 tahun hari ini, Rabu (24/4/2024) pukul 01.00 WIB. 

Jenazahnya akan disemayamkan di rumah duka yang berlokasi di Jalan Mangunsarkoro, Nomor 69, Menteng, Jakarta Pusat. Dia dikenal sebagai pengusaha dengan bendera Mustika Ratu. 

Mustika Ratu, merek kosmetik dan jamu yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, berdiri sejak tahun 1975 dan sukses berkat dedikasi dan perjuangan Mooryati Soedibyo.

Mooryati lahir pada 5 Januari 1928 di Surakarta, Jawa Tengah dalam sebuah keluarga ningrat. Ayahnya adalah KRMTA Poornomo Hadiningrat dan ibunya adalah GRA Kussalbiyah. Beliau dibesarkan dalam lingkungan keraton Surakarta yang kaya akan tradisi.

Sebagai keturunan bangsawan dari Surakarta dan cucu dari Paku Buwono X, Mooryati mendapatkan pendidikan tentang tata krama, seni, bahasa, dan sastra Jawa. Selain itu, dia juga belajar tentang tumbuh-tumbuhan berkhasiat dan cara membuat jamu serta kosmetik dari bahan alami.

Berbekal pengetahuan yang diperoleh sejak kecil, Mooryati sudah mahir meracik jamu tradisional dengan resep keraton di usia remaja.

Pada tahun 1965, Mooryati menikah dengan Soedibyo Purbo Hadiningrat dan pindah ke Sumatera Utara. Sambil menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga, dia tetap melanjutkan hobi meracik jamu dan kosmetik dari bahan-bahan tradisional, yang kemudian dibagikan kepada teman-temannya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut