get app
inews
Aa Read Next : Kilang RU IV dan Pemkab Cilacap Teken Kerjasama Pembangunan Daerah 

Cilacap Salurkan 1,4 Juta Kg Beras untuk 140 Ribu Lebih Keluarga

Sabtu, 31 Juli 2021 | 09:50 WIB
header img
Pemkab Cilacap menyalurkan bantuan beras untuk masyarakat yang terdampak PPKM. Jumlahnya mencapai 1.406 ton untuk 140.613 keluarga penerima manfaat (KPM). (Foto: Dok Pemkab Cilacap)

CILACAP, iNews.id-Pemkab Cilacap menyalurkan bantuan beras untuk masyarakat yang terdampak PPKM. Jumlahnya mencapai 1.406 ton untuk 140.613 keluarga penerima manfaat (KPM). Penyaluran secara simbolis dilaksanakan di halaman Pendopo Wijayakusuma, Jumat (30/7/2021).

Beras tersebut akan disalurkan kepada 140.613 KPM yang terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH) di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap. Dalam keterangannya, Bupati menjelaskan, aturan PPKM diakui memberatkan sebagian masyarakat dalam melaksanakan mata pencahariannya.

Oleh karena itu, pemerintah berupaya turun tangan untuk meringankan beban masyarakat. Ditambahkan, Pemkab Cilacap bersama stakeholder saat ini tengah memprioritaskan percepatan vaksinasi. Bupati telah membentuk Pembina Wilayah (Binwil) yang terdiri dari sejumlah OPD. Binwil ini bertugas mengawal penanganaan Covid-19 pada wilayah-wilayah yang ditentukan.

“Sasarannya semua divaksin. Semua ikut, DPRD, Forkopimda juga turun. Saya sudah menurunkan Binwil kebawah. Binwil itu terdiri dari OPD, turun ke kecamatan, desa, hingga RT menyusuri mana yang kena Covid, mana yang isolasi, mana yang belum divaksin,”tegas Bupati dalam rilis yang diterima iNews Purwokerto.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Taryo menargetkan, seluruh KPH telah menerima bantuan ini paling lambat 11 Agustus 2021. Penyaluran untuk wilayah Kecamatan Sampang dan Maos telah dilakuan lebih awal, dan hari ini rencananya disalurkan untuk penerima di wilayah eks Kotip Cilacap.

“Ada kebijakan dari pemerintah pusat, bahwa penerima PKH mendapatkan bantuan 10 kilogram beras. Jumlah totalnya ada 140.613 KPM di seluruh wilayah. Harapannya mampu meringankan beban warga terdampak PPKM, untuk mempertahankan ketahanan pangan,”jelasnya.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut