get app
inews
Aa Read Next : Kebut Kepesertaan JKN 98 Persen, Pemkab Cilacap Bersama BPJS Kesehatan Purwokerto Bersinergi

Cuaca Ekstrem Ancam Wilayah Jateng, Berikut Prakiraannya

Senin, 14 Maret 2022 | 09:21 WIB
header img
Cuaca buruk mengancam sejumlah wilayah di Jateng. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id – Intensitas hujan dengan kategori sedang hingga lebat kemungkinan melanda wilayah Jawa Tengah (Jateng) mulai 14-16 Maret. Wilayah Jateng selatan yakni Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Kebumen (Barlingmascakeb) juga masuk di dalamnya.

Prakiraan BMKG menyebutkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang pada 14-16 Maret 2022.

Itu berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di perairan selatan Pulau Jawa dan Selat Karimata. 

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno mengatakan, sirkulasi siklonik itu menyebabkan adanya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jateng. 

“Anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah,” kata Sutikno dalam siaran pers yang diterima, Senin (14/3/2022). 

“Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” ujarnya.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut