get app
inews
Aa Read Next : Kebut Kepesertaan JKN 98 Persen, Pemkab Cilacap Bersama BPJS Kesehatan Purwokerto Bersinergi

Tak Responsif Tangani Banjir, Bupati Kebumen Copot Camat Ayah dan Rotasi Perangkatnya

Jum'at, 18 Maret 2022 | 08:04 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mencopot Camat Kecamatan Ayah dan perangkat lainnya dirotasi ke daerah lain.

Banjir di beberapa wilayah kecamatan di Kebumen memang sudah surut. Namun, proses recovery masih terus berlanjut. Pengungsi juga masih banyak bertahan di di camp-camp. Bupati ingin, pihak kecamatan bersama BPBD aktif memberikan pendataan mengenai kondisi penanganan bencana.

"Selama status kebencanaan ini belum kita cabut, kita semua harus standbay. Aktif memberikan pendataan tentang situasi dan kondisi di lapangan. Kebutuhan apa yang masih kurang? Berapa jumlah pengungsinya? Ada yang sakit atau tidak? Daerah mana yang masih rawan."

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta BPBD untuk membuat perencanaan pasca bencana. Misalnya tentang bagaimana kebencanaan itu bisa teratasi atau tidak menimbulkan korban jiwa. Seperti banjir, dan longsor apa yang harus diperbaiki. 

"Data-data seperti ini yang kita butuhkan, BPBD juga harus bisa membuat perencanaan penanganan bencana. Kita tidak ingin banjir parah kembali terjadi di Kebumen. Bencana memang bisa terjadi kapan saja, tidak bisa kita cegah. Tapi kita bisa berusaha untuk mencegah adanya kerugian baik material maupun korban jiwa," tandasnya.

Bupati menambahkan, ASN digaji dari uang rakyat, maka sudah sepantasnya para ASN ini bekerja untuk melayani rakyat. Terlebih pada saat kebencanaan ini, dimana masyarakat butuh sekali penanganan dan pelayanan, maka sudah sepantasnya kata Bupati, ASN harus siap siaga pada saat bencana datang.

"Kita ini digaji dari uang rakyat. Maka sudah sepantasnya para ASN ini harus punya jiwa melayani, bukan maunya dilayanai. Terlebih pada saat bencana datang, ASN harus ikut aktif terlibat dalam penanganan bencana ini," jelasnya.

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut