get app
inews
Aa Read Next : Aksi Keprihatinan, Mahasiswa Unsoed Pasang Pita Hitam

Dalam Survei, Mahasiswa Unsoed Sebut Kekerasan Seksual Jadi Salah Satu PR Rektor Terpilih 

Minggu, 20 Maret 2022 | 18:43 WIB
header img
Mahasiswa menyebutkan sejumlah PR untuk Rektor Terpilih

PURWOKERTO, iNews.id - Proses pemilihan Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, kini telah di tangan Kemendikbud Ristek. Sebab, proses di Unsoed telah rampung dengan mendapatkan tiga calon rektor. Yakni Prof. Dr.Ir Akhmad Sodiq M.Sc.,Agr, Dr. Ir.V Prihananto M.S. dan Prof. Ir Totok Agung Dwi Haryanto MP.,Ph.D.

Lalu, bagaimana harapan mahasiswa terkait dengan rektor terpilih nantinya?  UKM Riset dan Kajian Ilmiah Rhizome FISIP Unsoed merilis hasil survei “Persepsi Mahasiswa Unsoed Terhadap Pemilihan Rektor Universitas Jenderal Soedirman Tahun 2022” pada Sabtu (19/3/2022).

Kegiatan survei dilakukan untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa terhadap bakal calon rektor Unsoed berkaitan dengan tantangan rektor Unsoed kedepan. Dalam survei ini juga mengevaluasi penyelenggaran kegiatan pemilihan rektor Unsoed. Selain itu, survei ini juga memotret popularitas dan elektabilitas bakal calon rektor Unsoed. 

Ketua UKM Rhizome Lauren Vanesa mengatakan berdasarkan hasil survei secara umum  mahasiswa mengharapkan rektor Unsoed ke depan tidak bermasalah, sehingga tidak membuat jelek nama universitas.

“Terkait permasalahan pokok di Unsoed menurut mahasiswa yaitu, kurangnya respon rektor dalam menyerap aspirasi mahasiswa (19,64%), mahalnya UKT dan Uang Pangkal (16,58%). Kemudian lambatnya penyerapan lulusan unsoed di dunia kerja (16,07%), pembangunan atau pemenuhan fasilitas yang tidak merata (14,03%), lambatnya pelayanan administrasi Unsoed (12,75 %), prestasi akademik Unsoed menurun (11,22%), dan maraknya kekerasan seksual di Unsoed (9,69%),”jelas Lauren. 

Survei tersebut dilakukan pada periode 15-25 Januari 2022 dengan metode penarikan sampel Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui Google Formulir (online) kepada 392 responden yang didistribusikan secara proposional ke 12 fakultas yang ada di Unsoed dengan margin of error 5%. Responden merupakan mahasiswa aktif Unsoed angkatan 2018-2021. 

Adapun panelis yang dihadirkan yaitu, Haryadi, M.A., Ph.D (Akademisi Unsoed) dan Dr. Barid Hardiyanto, M.Si (Pakar Kebijakan Publik & Ketua Ikatan Alumni FISIP Unsoed).

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut