get app
inews
Aa Text
Read Next : Ini Cara Rahasia Coach Barista Membuat Kopi Rumahan Agar Nikmat

5 Skill Profesional yang Harus Dimiliki Barista

Rabu, 23 Maret 2022 | 17:25 WIB
header img
Didalam dunia usaha kedai kopi, barista merupakan ujung tombak dan sosok penting yang dituntut memiliki kecakapan dalam meracik rasa seduhan kopi. (Foto : Aryo Rizqi)

JAKARTA, iNews.id - Peran seorang barista di sebuah coffee shop sudah seperti ujung tombak. Barista lah yang akan meracik dan menyajikan minuman kopi terbaik kepada para pelanggan.

Bahkan, di tangan barista pula reputasi coffee shop akan bergerak naik atau turun. Jika Anda ingin jadi barista, coba deh cari tahu dulu apa saja yang harus dilakukan.

Menurut survey HonestDocs pada tahun 2019, 39% orang Indonesia rata-rata hobi menikmati kopi setiap hari. Responden perempuan rata-rata menghabiskan satu gelas kopi setiap hari (64,4%), sementara sebagian besar responden pria mampu menghabiskan 2-3 gelas kopi per hari (21%).

Seiring dengan meningkatkan kebiasaan minum kopi dan menjamurnya coffee shop, pekerjaan barista sangat dilirik. Barista punya peran yang penting untuk menentukan tingkat kenikmatan kopi yang disajikan.

Karena itu, pemilik kedai kopi dan kafe di Indonesia pun berlomba-lomba menyeleksi barista terbaik. Malahan kini banyak pelatihan atau kursus untuk barista profesional dan masum dalam program Kartu Prakerja loh.

Berikut ini lima skill yang perlu dimiliki seorang barista profesional dikutip dari ZenPro.

Teknik pembuatan kopi

Trainer kursus di ZenPro Doddy Pancawinata mengatakan, teknik pembuatan kopi adalah keahlian inti yang harus dimiliki seorang barista profesional, yang mencakup langkah-langkah seperti grinding, burring, dosing, tamping.

"Barista juga perlu memahami seluk-beluk mesin pembuatan kopi espresso, agar bisa menyajikan secangkir kopi paripurna bagi pembeli," ucapnya.

Namun, karena di Indonesia minuman kopi juga sering diolah menjadi cappuccino, latte, hingga macchiato, maka barista juga dituntut untuk menguasai milk technique agar bisa menghasilkan rasa optimal dan penampilan minuman yang lebih menarik.

Komunikasi dan layanan pelanggan

Barista termasuk ke dalam profesi yang menjual jasa. Seperti profesi jasa lainnya, sangatlah penting bagi barista untuk memiliki kemampuan komunikasi dan pelayanan yang baik ketika menghadapi pelanggan.

Seringkali kebanyakan orang hanya berfokus pada kemampuan teknis pembuatan kopi. padahal, ketika seorang barista bersikap ramah, terbuka, dan memberikan layanan terbaik setiap saat, para pelanggan akan lebih senang berkunjung ke kedai kopi tersebut.

Bahasa Inggris

Para barista modern di Indonesia juga perlu mempelajari Bahasa Inggris dasar. Dengan kemampuan bahasa asing, mereka bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas, dan bisa mengakses informasi dengan lebih mudah.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut