get app
inews
Aa Text
Read Next : Petugas PIPP Antusias Ikuti Sertifikasi Terintegrasi Pembelajaran Service Quality

Tingkatkan Layanan, BPJS Kesehatan Gelar Sertifikasi Layanan Prima

Senin, 08 Desember 2025 | 18:07 WIB
header img
BPJS Kesehatan terus mendorong peningkatan layanan prima sebagai upaya memastikan manfaat program benar-benar dirasakan masyarakat. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id – Kualitas pelayanan menjadi faktor penting dalam menentukan tingkat kepuasan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). BPJS Kesehatan terus mendorong peningkatan layanan prima sebagai upaya memastikan manfaat program benar-benar dirasakan masyarakat.

Sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, seluruh penyelenggara layanan, termasuk fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, diwajibkan menyediakan Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP). Untuk meningkatkan kompetensi petugas tersebut, BPJS Kesehatan menyelenggarakan Sertifikasi Terintegrasi Pembelajaran Service Quality bagi Petugas PIPP Fasilitas Kesehatan.

Salah satu peserta, Ardhitya Nugroho, SS, petugas PIPP RSKB Mitra Ariva, menilai kegiatan ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan kepada pasien.

“Kegiatan ini sangat membantu kami dalam menghadirkan pelayanan yang lebih baik. Dalam kondisi apa pun, petugas tetap harus sigap menangani keluhan dan memenuhi kebutuhan pasien,” ujarnya.

Tanggapan positif juga disampaikan apt. Nurrokhman, S.Farm., petugas dari Klinik Pratama Rawat Inap Menara Gading. Ia menilai materi pembelajaran yang diberikan sangat menarik dan aplikatif, khususnya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi petugas PIPP.

“Sebagai petugas yang berada di garda terdepan, kami harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada pasien. Banyak tips yang bisa langsung diterapkan untuk menghadirkan pelayanan yang ramah,” katanya.

Pembelajaran Service Quality oleh Corporate University BPJS Kesehatan tersebut mendapat animo dari para peserta. Mereka mendapatkan pembekalan mendalam terkait keterampilan komunikasi dalam pelayanan serta teknik penanganan keluhan pasien.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut