Logo Network
Network

Motor Listrik Ini Melesat hingga 402 Km per Jam Kalahkan MotoGP

Bertold Ananda
.
Senin, 20 September 2021 | 14:25 WIB
Motor Listrik Ini Melesat hingga 402 Km per Jam Kalahkan MotoGP
Motor listrik WMC250EV dirancang menembus kecepatan maksimal 402 Km per jam mengelahkan MotoGP. (Foto: Carscoops)

LONDON, iNews.id - Motor listrik garapan perusahaan White Motorcycle Concepts benar-benar menakjubkan. Proyek motor listrik baru-baru ini telah menyelesaikan uji coba pertamanya. 

Hasilnya motor yang  dirancang khusus untuk mencatat rekor kecepatan darat mengalahkan motor MotoGP.  

Dilansir dari Carscoops, Senin (20/9/2021), motor EV yang dirakit di Inggris dikendarai langsung pendiri perusahaan Rob White di lintasan Bruntingthorpe Proving Ground. Pada tahap pengetesan, motor ini telah menyelesaikan sistem lengkap yang komprehensif.   

Perusahaan beserta tim akan melanjutkan ke fase pengujian berikutnya mencakup kecepatan lebih tinggi.  Memulai dengan bentuk desainnya yang radikal berbeda dari motor listrik pada umumnya. Bentuk body keseluruhan motor ini terlihat sangat padat. Posisi berkendara pengemudii juga tampak merunduk untuk meminimalisir hambatan angin yang memengaruhi kecepatan.    

Motor ini didesain khusus untuk lebih fokus pada fungsi aerodinamis. Tim telah memilih konsep desain V-Air drag ultra-rendah, yang menyalurkan saluran besar melalui bagian tengah sepeda, memaksa udara melewatinya.  

Mengulas Outlander PHEV, Mobil Ramah Lingkungan Segudang Kecanggihan Desain ini mampu mengurangi hambatan aero hingga 70 persen dibandingkan dengan sepeda motor konvensional. 

Selain soal bentuk yang aerodinamis, motor EV ini dapat melaju sangat kencang berkat dapur pacu yang dimilikinya. Kuda besi tersebut hadir full elektrik dengan sistem tegangan rendah.  

Tenaga yang dihasilkan motor listrik ini mampu menghasilkan 100 kW (134 hp/135 PS). Pada trim tertinggi, motor ini ditenagai motor listrik dengan sistem tenaga 800v. Tim pengembang mengklaim motor tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 335 hp dan torsi sebesar 340 PS.  

Paling mencengangkan motor EV ini dapat melaju hingga 402 km per jam. Tenaga yang instan dan beringas ini dipadukan dengan sistem penggerak dua roda dengan dua motor listrik di hub depan dan dua di belakang.  

“Kami senang  kemajuan yang dicapai sejauh ini dengan WMC250EV,” ujar Rob White.  

Perusahaan berharap pengujian final terakhir pada tahun depan dan berencana untuk siap memecahkan rekor kecepatan di Inggris pada awal 2022. Tidak hanya itu, produsen motor ini juga berencana menghadirkan versi jalan raya untuk pelanggan.


 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini