Foto Warga Ambil Minyak Mentah yang Genangi Laut Cilacap

Elde Joyosemito
.
Selasa, 28 Juni 2022 | 12:46 WIB

CILACAP, iNews.id - Ribuan warga di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengambil minyak mentah yang tumpah dari sebuah kapal tanker di perairan Dermaga Batere Cilacap. Mereka mengambil minyak dengan menggunakan ember hingga tong plastik besar.

Aksi warga tersebut sudah dilakukan sejak malam hingga saat ini. Menurut mereka, air laut mulai terlihat hitam pekat sejak malam.

"Semalam mulai jam 3 pagi (ngambil minyak)," kata Wardoyo (50) warga Kebon Sayur Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, pada iNewsPurwokerto.id Selasa (28/6/2022).

Menurut dia, para nelayan sudah mengetahui tumpahan minyak sejak Senin (27/6/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Hal itu diketahui dari bau yang menyengat.

"Sudah tahu sejak malam sekitar jam 11, walupun gelap tapi dari penciuman udaranya sudah ketahuan kalau ada minyak tumpah. Dari awal sudah tercium bau terus airnya hitam banget terus anggota akhirnya pada mencari Semua sumber limbah ini," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan beredar sebuah video di media sosial dari nelayan di Pantai Teluk Penyu Cilacap yang geger diduga akibat adanya tumpahan minyak. Dalam keterangan, tumpahan minyak berasal dari sebuah kapal tanker SC Ocean LXI yang tengah berada di perairan Cilacap, Jawa Tengah. 

"Akibat tumpahan minyak dari kapal tanker OCEAN R XI mencemari pantai teluk penyu Cilacap," tulis keterangan video dari akun Twitter @Pakdhe_Bojong seperti dikutip iNewsPurwokerto.id, Selasa (28/6/2022).

Video yang diunggah sekitar pukul 22.05 WIB atau 12 jam lalu itu menggambarkan kondisi air laut yang tercemar minyak. Namun demikian, karena kondisi malam hari, tidak terlihat jelas tumpahan minyak yang disebut berwarna hitam pekat.

"Ini lautannya kena polusi ini, ditambatan Tab banyak oli apa aspal ini, apa minyak ini kurang paham karena malam-malam. Tolong mas ini dikondisikan, untuk nelayan nelayan kecil pada mengeluh semua ini, baunya menyengat," ucap seseorang di video tersebut.

Dalam penelurusan iNews Purwokerto, kapal tanker tersebut bernama SC Ocean LXI Crude Oil Tanker. Dalam situs perjalanan kapal di Marine Traffic, kapal tersebut berlayar membawa minyak dari Terminal Minyak Senipah tujuan Cilacap. Tercatat dalam Marine traffic, kapal tanker tersebut telah tiba di Cilacap sejak tanggal (25/6/2022).

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini