Keren, 2 Tahun Tiwi-Dono, Tak Ada Lagi Desa Tertinggal di Purbalingga

Elde Joyosemito
Pemkab Purbalingga menggelar Roadshow Pemulihan Ekonomi di Lapangan Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari pada Senin (10/10/2022). (Foto: Dok Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Pemkab Purbalingga terus menggenjot pembangunan di pedesaan. Bahkan, sejak tahun lalu, Pemkab Purbalingga mampu mengentaskan desa tertinggal. Sehingga saat ini di Purbalingga tidak ada desa tertinggal.

Prestasi ini ditorehkan oleh pasangan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dan Wakil Bupati Sudono yang telah dua tahun bekerja dan memimpin pembangunan di Purbalingga. 

“Misi kita yang ke 6 adalah meningkatkan pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan melalui optimasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan pemeberdayaan masyarakat desa,”jelas Bupati Tiwi, Sabtu (4/3/2023).

Berkat fokus pembangunan perdesaan, pada 2022 tak ada lagi desa yang masuk kategori desa tertinggal di Kabupaten Purbalingga. “Angka Indeks Pembangunan  Desa kita terus naik dari tahun ke tahun,”ujar Bupati Tiwi.

Pada publikasi KemendesPDDT Indeks Desa Membangun (IDM) Purbalingga sebesar 0,68 pada 2020, naik menjadi 0,69 pada 2021 dan kembali meningkat menjadi 0,71 pada 2022 yang menjadikan kategorinya meningkat dari berkembang menjadi maju. Dari 224 desa yang ada di Purbalingga, sebanyak 137 masuk kategori berkembang, 81 kategori maju dan 6 desa masuk kategori mandiri.

Hal ini, salah satunya berkat program pembangunan desa seperti pembangunan / pemeliharaan dan penataan infrastruktur di desa seperti jalan desa, lapangan, kantor desa serta pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU). 

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network