Sapphire Grup Alokasikan CSR untuk Renovasi Pos Jaga Perlintasan KA

Elde Joyosemito
Sapphire Grup berkomitmen memberikan bantuan renovasi pos jaga dan penggantian palang pintu perlintasan di JPL 420. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Berawal dari seringnya terjadi kecelakaan di perlintasan kereta JPL 420 di Desa Gentasari, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap, empat warga desa, yakni Riki Umar Mukti, Setiono, Kartiko, dan Aguskaeko, berinisiatif menjadi relawan penjaga perlintasan tersebut. 

Dengan semangat amal dan niat baik, mereka mulai menjaga perlintasan kereta sejak tahun 2019 untuk memastikan keamanan warga yang melintas.

Meski tidak digaji pada awalnya dan dengan fasilitas yang sangat terbatas, mereka tetap setia melaksanakan tugasnya dengan ikhlas. "Tahun 2019 kami mulai menjaga perlintasan ini, karena niat ibadah dan membantu masyarakat," ujar Aguskaeko (48), salah satu relawan.

Kartiko, relawan lainnya, menceritakan bahwa pada awalnya mereka mengandalkan pemberian dari warga yang melintas sebagai bentuk apresiasi. Namun, setelah desa mengetahui keberadaan mereka, Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap mulai memberikan honor, meskipun jumlahnya tidak mencapai upah minimum kabupaten (UMK). Setiap relawan menerima honor sebesar Rp 1.200.000 per bulan.

Pos jaga yang mereka gunakan pada awalnya hanya terbuat dari bambu dan seadanya. Kemudian, pos tersebut dibangun menjadi semi permanen, meski masih minim fasilitas seperti toilet. Para relawan juga hanya mengandalkan penglihatan dan jadwal kereta untuk mengetahui kapan kereta akan melintas. “Kami lihat jadwal dan lampu kereta, terutama saat malam hari,” tambah Aguskaeko.

Meskipun demikian, tantangan lain juga mereka hadapi, seperti warga yang tidak sabar menunggu dan terkadang mengeluh ketika palang ditutup lebih awal. Kartiko (33) mengatakan, “Kadang-kadang warga tidak sabar, mengatakan kereta masih jauh, tapi ini sudah jadi tanggung jawab kami.”

Editor : EldeJoyosemito

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network