Daftar Bahan Makanan dan Minuman Penurun Kolesterol, No.3 Minuman Keseharian

Tim iNews
Ilustrasi buah dan jus

2. Dark Chocolate 

Makanan Dark Chocolate memiliki kandungan flavonoid. Kanfungan tersebut merupakan antioksidan yang membantu menurunkan kadar LDL. Namun ingat, cukup dimakan dalam jumlah sedang, sebab cokelat juga tinggi lemak jenuh dan gula. 


3. Teh  

Ini dia bahan minuman yang bisa dikonsumsi setiap hari. Teh baik jenis hitam dan teh hijau memiliki zat antioksidan kuat. Zat tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau biasanya mengandung lebih banyak antioksidan ini, karena terbuat dari daun yang tidak difermentasi dan lebih sedikit diproses. Bila dikonsumsi bersama krim dan gula, pakai takaran secukupnya. 

4. Ikan  

Memang ada ikan yang mengandung kolesterol tinggi, Namun ada juga jenis ikan yang justru menurunbkan kolesterol. Yakni ikan salmon, tuna albacore, dan sarden, semuanya kaya akan asam lemak omega-3, yang mengurangi trigliserida dalam darah. Usahakan untuk mengonsumsi 8 ons daging ikan dalam seminggu namun olah dengan cara dipanggang, bukan digoreng. B

5. Kacang-kacangan 

Berbagai jenis kacang-kacangan begitu kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Yakni kacang almond, walnut, atau pistachio bisa dikonsumsi untuk bantu mengurangi kadar LDL. Sebagai paduan salad atau dimakan langsung sebagai camilan sehat. Pastikan memilih opsi rendah garam, porsi yang pas karena kacang itu tinggi akan kalori. 1,5 ons sehari, atau untuk almond sekitar 30 biji atau 1/3 cangkir. 

6. Pir, Apel, Jeruk, Buah Beri

Hampir seluruh buah baik untuk kesehatan. Tetapi ada dua jenis buah yang mampy menurunkan kolesterol. Yakni pir dan apek, karena keduanya mengandung pektin tinggi, yaitu sejenis serat yang dapat menurunkan kolesterol. Kalau untuk jenis jeruk adalah lemon, buah beri juga tinggi serat. Buah-buahan ini bisa dimakan langsung sebagai buah potong atau diolah jadi smoothies segar  sebagai sarapan sehat.

Editor : EldeJoyosemito

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network