get app
inews
Aa Read Next : Kemojing Bersholawat Sambut Maulid Nabi, Bentuk Meneladani Akhlak Rasulallah SAW

Tokoh Sekuler pun Mengakui Nabi Muhammad SAW Sosok Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah

Jum'at, 15 Oktober 2021 | 07:45 WIB
header img
Nabi Muhammad SAW. (Foto: Freepik)

ADA sebuah buku yang sangat menghebohkan pada akhir tahun 1970-an yang dikarang oleh seorang sarjana Barat Michael H Hart dengan judul “100 A Ranking Of The Most Influential Persons In History”  terbit tahun 1978. Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia oleh Ken Ndaru dan M Nurul Islam, diterbitkan oleh PT Mizan Publika dengan judul ”100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Sepanjang Sejarah ”.

Dalam bukunya pengarang telah meranking 100 manusia di dunia - sejak Nabi Adam sampai saat dia menulis – yang paling mempengaruhi dunia sepanjang sejarah, yang notabene dia sendiri seorang non Muslim. 

Ulama dan Mantan Anggota Komisi Ukhuwah MUI DKI Jakarta, KH Drs Syarifuddin Mahfudz MSi menyebutkan, hebatnya lagi Michael H Hart menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh nomor satu dari seratus tokoh tersebut.  Walaupun pada tahun 1992 dilakukan revisi terhadap ranking yang telah dibuatnya sesuai dengan perkembangan zaman –yang mengakibatkan beberapa orang tokoh tersingkir – toh ranking nomor satu tetap diduduki oleh Nabi Muhammad SAW.

"Apabila ditelaah, analisis ilmiah yang dia tulis untuk menopang pendapatnya maka ada dua alasan penting sehingga berani berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad yang paling berhak menduduki ranking terhormat tersebut," ujarnya dalam pesan yang diterima Jumat (15/10/2021) 

Alasan pertama: bahwa Muhammad SAW masih di masa hidupnya telah sukses menjadikan Islam sebagai agama yang sempurna, ajaran-ajarannya telah lengkap dan kokoh, kitab sucinya sudah terdokumentasi dengan baik serta sahabat dan pengikutnya sudah tidak terbilang banyaknya, yang siap siaga membentengi ajaran yang dibawanya dari berbagai macam penyelewengan seperti pernah terjadi pada Rasul-Rasul sebelumnya. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut